Oleh
Amy J. Jordan
Kreolisasi
Chaudenson (2001: 195) mencatat bahwa “semakin besar peran bahasa dalam sistem budaya, semakin sistem tersebut dipengaruhi oleh sekelompok sosial dominan yang bahasanya dipaksakan pada semua orang”. Maka dalam konteks kreolisasi, diperkirakan kelompok yang bahasanya paling dominan, juga memiliki budaya material yang dominan. Di Indonesia, Belanda lebih suka menggunakan bahasa yang berbasis bahasa Melayu, dan tidak memaksakan penggunaan bahasa Belanda kepada penduduk yang dijajah. Oleh karena itu, diperkirakan gaya makan Eropa akan kurang berpengaruh dibandingkan gaya makan tradisional Asia Tenggara, ketika gaya makan menyimpang dari efisiensi energi yang diperkirakan. Selain itu, iklim daratan Asia Tenggara tidak kondusif bagi tanaman Eropa, seperti tanaman endemiknya sendiri. Untuk model kreolisasi, diperkirakan pencampuran gaya makan dan budaya material. Adopsi bahan makanan Eropa, teknik penyiapan, atau wadah penyajian akan menandakan keakraban dengan para elit, dan dapat diadopsi. Keturunan Eropa juga dapat mengadopsi cara makan Asia, karena alasan yang sama, atau karena campuran keturunan. Untuk model kreolisasi, potongan besar hewan mamalia diperkirakan dimasukan ke dalam resep asli dan bahan-bahan asli diperkirakan dimasukan ke dalam resep Eropa. Secara umum, harus ada tumpang tindih dalam distribusi sumber daya fauna, pati, dan keramik. Keramik yang terkait dengan gaya memasak atau produksi makanan tertentu, dapat dialokasikan untuk peran baru, yang dapat diidentifikasi dengan analisis pati. Mungkin ada hierarki pencampuran dengan lebih banyak barang Eropa dan lebih sedikit barang asli dalam konteks kaum elit, dan lebih banyak barang asli dan lebih sedikit barang Eropa dalam konteks para pekerja.
Tabel 1 menyajikan sinopsis untuk distribusi yang diperkirakan dari setiap kategori sumber daya menurut prediksi untuk setiap model.
LOKASI PERKEBUNAN DI KEPULAUAN BANDA
3 situs yang digali adalah Ordatang, Groot Waling, dan Komber (gambar 2). Sebagian besar perkebunan Banda, ditinggalkan pada masa sekitar Perang Dunia II, dan strukturnya telah digunakan kembali sebagai bahan bangunan atau dinding siap pakai untuk tempat tinggal modern. Ketiga situs ini adalah pilihan terbaik untuk penggalian berdasarkan pelestarian dan kurangnya pekerjaan modern.
Ordatang (gambar 3) terletak “dipuncak” pulau, di sepanjang punggung bukit yang merupakan sisa-sisa kaldera lama/tua. Ordatang unik di antara keistimewaan yang digali karena tidak terletak di pantai. Ordatang juga ditinggalkan seluruhnya. Groot Waling (gambar 4) adalah satu-satunya perkebunan yang masih beroperasi dan dijalankan oleh keturunan langsung dari “perkeniers” asli, Pieter van den Broeke. Keluarga van den Broeke masih memanen, dan mengolah pala dengan cara tradisional. Sementara keluarga van den Broeke masih tinggal di dalam kompleks perkebunan, mereka telah membangun rumah modern, dan sebagian besar bangunan aslinya telah hancur. Komber (gambar 5), adalah situs perkebunan terakhir. Sebuah sekolah dibangun di dalam dinding kompleks yang relatif baru, dan beberapa dinding luar telah digunakan untuk perumahan, tetapi struktur di Komber mempertahankan derajat integritas tertinggi dibandingkan dengan situs lainnya, dan potensi endapan di bawah permukaan yang utuh diantisipasi.
Struktur perkebunan di kepulauan Banda, pada umumnya terdiri dari dinding persegi panjang yang bersambung dengan pintu masuk di depan dan belakang. Di dalam dinding majemuk ini, terdapat bangunan-bangunan yang menggunakan dinding majemuk luar sebagai dinding belakang bangunan tersebut. Satu sisi disediakan untuk lumbung pengeringan pala, satu sisi lagi untuk rumah kolonial, dan 2 sisi terakhir memiliki bangunan panjang yang dibagi menjadi beberapa ruangan. Struktur ini mungkin digunakan untuk penyimpanan atau perumahan pekerja. Survei auger probe dilakukan baik di luar dinding maupun di dalam kompleks, dalam upaya untuk menemukan konsentrasi artefak; unit 1 m x 1 m kemudian ditempatkan di area dengan kepadatan artefak tertinggi (lihat gambar 3-5 untuk auger probe dan lokasi unit-unit). Unit-unit digali dalam ketinggian 10 cm hingga 1 m atau batuan dasar. Sementara Lape (2000) menemukan endapan era kolonial hingga 2 m atau lebih di situs di Banda Neira, jumlah porselin dan peralatan perdagangan yang berkurang dengan kedalaman di ketiga situs Banda Besar, memang menunjukan bahwa seluruh deposit era kolonial telah pulih, dan deposit pra-kolonial dicapai pada kedalaman 1 m.
Karena konstruksi modern di Komber,
stratigrafi di sana beragam untuk semua unit. Dua unit di Groot Waling juga
tampak bercampur, berdasarkan perbaikan antara keramik dan tulang. Oleh karena
itu, sebagian besar kesimpulan saya hanya bersifat umum, karena hanya ada
sedikit kontrol kronologis.
METODE-METODE
Keramik
Keramik-keramik mengikuti metodologi standar (Rice, 1987). Sherds diukur dan ditimbang dan temperamen/karakteristiknya diidentifikasi. Bagian keramik dicatat dan dekorasi apa pun dicatat.
Faunal
Analisis faunal juga mengikuti metodologi standar (Reitz dan Wing, 1999). Sisa-sisa fauna diidentifikasi sampai tingkat taksonomi terendah, dihitung, dan ditimbang. Sisa-sisa fauna masih terpisah-pisah dan koleksi pembanding yang sesuai untuk ikan lokal, tidak ada, sehingga seringkali sisa-sisa hanya dapat diidentifikasi untuk tingkat kelas atau famili. Karena lokasinya yang terpencil dari kepulauan ini, terdapat kekurangan fauna endemik sehingga identifikasi mamalia besar vs mamalia kecil atau ikan, pada umumnya cukup untuk menghasilkan data yang bermakna. Hanya fauna vertebrata yang dimasukan dalam analisis ini, karena tidak mungkin untuk menentukan apakah cangkang laut dan darat bersifat arkeologis atau lingkungan.
Pati
Ekstraksi butir pati mengikuti protokol yang diterapkan oleh Judith Field (2008) dan dilakukan di Univesitas New South Wales, berkat hibah NSF EAPSI. Sherds direndam dalam air suling dan disonikasi selama 1 menit untuk menghilangkan tanah dan residu yang menempel pada keramik, lihat di bawah (pada kajian tentang hasil) untuk diskusi tentang masalah ini. Bubur air dan tanah ini disaringan melalui saringan 125 µm. Sampel < 125 µm kemudian disentrifugasi selama 3 menit untuk memekatkan sampel. Sampel pekat kemudian menjalani pemisahan cairan berat menggunakan natrium poltung untuk memisahkan pati. Sampel dibilas dengan air setelah pemisahan cairan berat, dan dikeringkan menggunakan aseton. Sampel yang telah kering kemudian dicampur dengan gliserol dan dipasang pada slide mikroskop; akhirnya kaca penutup ditempatkan di atas sampel dan ditutup dengan cat kuku bening. Pada saat ini, tidak ada upaya untuk mengidentifikasi pati yang dimasak melalui pewarnaan. Setelah menyelesaikan analisis gerabah, hanya 70 dari 3603 pecahan gerabah (1,9%) yang memiliki bukti terbakar. Rendahnya jumlah serpihan dengan bukti memasak makanan bertepung ditambah dengan kendala keuangan dan waktu, membuat saya menyimpulkan bahwa ini bukan pertanyaan yang bermanfaat untuk saat ini, tetapi mungkin berguna untuk proyek di masa mendatang. Koleksi perbandingan pati yang disebutkan secara historis, termasuk beras (Oryza sativa dan Oryza sativa japonica), sagu (Metroxylon sagu), ubi kayu (Manihot esculenta), ubi putih (Solanum tuberosum), ubi jalar (Ipomea batatas), ubi (Dioscorea esculenta), talas (Colocasi esculenta), jagung (Zea mays), pala (Myristica fragrans dan Myristica ssp), dan kenari (Canarium ovatum) juga dibuat. Koleksi komparatid dilakukan mengikuti Field (2006: 109 -11); sampel tumbuhan dihancurkan dalam lesung dan alu dan dipasang pada slide dalam larutan gliserol / air 50%.
HASIL
Karena makalah ini dimaksudkan sebagai tinjauan umum hasil, spesifikasi analisis rinci tidak disajikan di sini, tetapi dapat ditemukan dalam disertasi saya (Jordan n.d).
Keramik
2 tipe utama karakter diidenifikasi dalam kumpulan : “grit” dan “shell” (gambar 6). Saya mendefinisikan “grit” sebagai mineral yang diurutkan dengan kurang baik dan / atau berkarakter minuman beralkohol. Serpihan ini seringkali lebih tebal, ditembakkan dalam atmosfer yang berkurang, dan lebih tua (Spriggs, 1990). Karakter “cangkang” lebih tepat untuk karakter foraminifera, tetapi ini adalah bahan berkapur. Karakter keping “cangkang” umumnya lebih tipis, ditembakkan dalam atmosfer yang teroksidasi dan lebih muda (Spriggs, 1990). Berdasarkan Lape (2000) dan Shiung (2011), beberapa karakter barang “grit” mungkin diproduksi secara lokal, tetapi sumber eksplisit belum dilakukan. Serpihan “cangkang” yang ditempa diimpor dari wilayah Ambon-Lease (Spriggs dan Miller, 1979), tetapi sumber bahan kimia tambahan akan menghasilkan sumber yang lebih akurat. Ada perbedaan yang pasti dalam distribusi karakter di 3 lokasi dengan karakter “grit” yang mendominasi di Ordatang, dan “cangkang” yang mendominasi di Komber dan GrootWaling. Sayangnya, situs tersebut tidak memiliki stratigrafi utuh yang memadai, dan keramik ini tidak memiliki kontrol kronologis yang ketat menurut penelitian saat ini. Namun, penanggalan TL (tabel 2) yang dilakukan oleh Laboratorium Luminescence UW menunjukan bahwa karakter “grit” mendahului karakter “cangkang”, seperti yang didalilkan oleh Spriggs (1990). Karakter “grit” tampaknya digantikan oleh karakter “cangkang” di Groot Waling, membuatnya terlihat seperti ada penggantinya dari waktu ke waktu (gambar 7), setidaknya di situs ini. Karakter “cangkang” mendominasi 2 situs pantai, tetapi jarang terjadi di situs pedalaman. Mungkin saja, karakter “grit” mewakili tradisi keramik pra-kolonial, mungkin dari tradisi lokal dan jalur perdagangan. Berdasarkan karya Lape (2000) sebelumnya, bagaimanapun karakter gerabah “cangkang” muncul setelah c. 1200 M di Kepulauan Banda dan berlanjut setelah masa kolonial (Shiung, 2011). Penanggalan ini didukung oleh penentuan TL pada pecahan tempa cangkang dari Komber; keduanya menyarankan adopsi pra-kolonial dari karakter “cangkang” tembikar di Kepulauan Banda. Ini menunjukan bahwa pendudukan kolonial, tidak secara drastis mengubah pola perdagangan yang sudah mapan di Banda. Setidaknya 1 situs era kolonial yang digali oleh Lape (2000, Shiung, 2011) tidak menghasilkan karakter “cangkang” tembikar, yang dapat menunjukan mitra dagang yang berbeda-beda untuk desa-desa kontemporer atau perbedaan akses ke keramik impor.
Berdasarkan data keramik, meski
konon ada kendali politik Belanda di Kepulauan Banda, jalur perdagangan yang
sudah mapan tidak terpengaruh. Meskipun populasi Banda telah musnah, catatan
sejarah tidak membahas kehancuran sejumlah pedagang non-Banda yang tinggal di
Banda. Pedagang Cina, Jawa, Arab, dan lainnya, sering disebut dalam catatan
sejarah (Hanna, 1978; Ellen, 2003). Keberlanjutan para pedagang di Banda ini,
mungkin telah menyebabkan pemeliharaan jalur perdagangan pra-kolonial selama
pendudukan Belanda. Ellen (2003) mencatat bahwa Belanda harus mempertahankan
rute perdagangan untuk kelangsungan hidup mereka sendiri, dan data keramik dari
lokasi perkebunan dan situs desa dari Lape (2000) mendukung hal ini.
Fauna
Gambar 8 menunjukan kumpulan fauna untuk 3 lokasi perkebunan.
Karena stratigrafinya bercampur, rendahnya jumlah sisa-sisa yang dapat
dipulihkan, dan sifat fragmentaris dari sisa-sisa yang ditemukan, kumpulan
fauna yang disajikan untuk seluruh situs, dan sebagai massa dalam gram dan
dihitung. Tulang mamalia lebih berat dari kelas lain, dan dengan demikian
tampak mendominasi; secara numerik, bagaimanapun, ikan vertebrata mendominasi
kumpulan. Sisa-sisa fauna umumnya terpisah-pisah, tetapi untuk mamalia,
tengkorak, gigi, metakarpal dan metatarsal, dan fragmen tulang panjang dan rata
terdapat di semua lokasi. Tengkorak, sirip, dan tulang belakang terdapat pada
ikan. Tulang belakang ikang dan tulang lainnya berukuran kecil, dan mungkin
mewakili ikan karang dibandingkan dengan spesies pelagis. Ukurannya yang kecil,
memang mengindikasikan rendahnya investasi dalam menangkap ikan tersebut. Setidaknya
satu fragmen tulang rusuk menunjukan tanda-tanda telah dicerna, mungkin oleh
anjing atau mungkin babi. Kehadiran semua elemen menunjukan bahwa seluruh hewan
sedang disembelih di situs atau di sekitarnya, dan elemen dibagikan di antara
penduduk. Kurangnya sisa-sisa dan sifat yang terpisah-pisah menghasilkan
minimal 1 babi, 1 sapi, 1 kambing, untuk setiap lokasi individu, tetapi juga
untuk semua lokasi digabungkan. Ini mendukung lebih banyak model efisiensi
energik untuk konsumsi protein hewani. Artinya, penghuni perken mengambil mangsa mudah dalam kasus ikan karang kecil, dan
dilengkapi dengan mamalia peliharaan sesekali.
Pati
Untuk studi pendahuluan tentang pati, hanya 1 slide
untuk setiap sampel dipasang dan diperiksa. Analisis butiran pati awal
menghasilkan pati sekitar 20% dari 108 sampel. Dari 16 serpihan porselin, 5
(31%) menghasilkan pati dan 16 dari 92 (15%) serpihan gerbah menghasilkan pati.
Analisis awal ini menunjukan bahwa pati ada dalam jumlah rendah.
Untuk analisis
selanjutnya, keseluruhan 74 sampel (12 porselin, 62 gerabah) dipasang dan
diperiksa. Untuk banyak level, 2 serpihan telah disimpan tanpa dicuci untuk
analisis, untuk analisis selanjutnya hanya satu pecahan dipilih untuk
pemasangan sampel, karena redundansi telah dicatat saat ini. Sebanyak 1527
slide dipasang, 108 untuk studi percontohan dan 1419 untuk analisis sekunder. Rata-rata
30 slide per sampel diproduksi. Untuk analisis lengkap, 778 butir pati diamati.
Analisis menunjukan bahwa mayoritas (93% dari 74 sampe) dari sampel, memang
mengandung sedikit pati. Namun, hanya 338 dari 1527 slide yang menghasilkan
pati, sehingga hanya 22% dari total slide yang menghasilkan pati, sama dengan
studi pendahuluan. Jadi meskipun sebagian besar sampel memang mengandung pati,
butiran pati hadir dalam jumlah rendah untuk sampel ini. Jumlah butir per sampe
berkisar antara 0 – 165, tetapi 54% sampel menghasilkan 5 butir atau kurang,
dan 80% sampel menghasilkan 10 butir atau kurang. Silahkan lihat bahan tambahan
untuk detail hasil pati.
Dari 69 pecahan porselin dan gerabah dengan pati, hanya 4 butir beras yang dihasilkan (gambar 9). Ini penting, karena beras seharusnya menjadi pati utama berdasarkan preferensi yang tercatat secara historis. Keempat pecahan, 2 porselin dan 2 gerabah, menghasilkan biji beras dan non-beras. Fakta bahwa butir beras ditemukan pada tembikar dan porselin, menunjukan bahwa keramik kaum “elit” dan “non-elit” juga digunakan untuk menyajikan nasi. Namun, keberadaan butiran non-beras menunjukan bahwa porselin kaum “elit” juga digunakan dalam kaitannya dengan pati berstatus lebih rendah, disamping gerabah berstatus lebih rendah digunakan untuk pati berstatus tinggi. Percampuran pati dan jenis keramik ini menunjukan kreolisasi aspek makanan di perkebunan ini. Namun, kurangnya stratigrafi utuh dan kedalaman serpihan yang dangkal dengan butiran beras, mungkin menunjukan bahwa “kreolisasi” ini bisa menjadi fenomena baru. 4 serpihan yang menghasilkan butiran beras ditemukan pada 0 – 20 cm, menunjukan bahwa residu beras sebenaranya berasal dari pengendapan yang lebih baru, mungkin kontemporer, dan mungkin tidak mencerminkan pola makan kolonial. Adanya butiran pati di tingkat yang lebih dalam, menunjukan bahwa kekurangan butir beras, tidak dapat disebabkan oleh proses taphonomis.
Catatan sejarah menyarankan sagu seharusnya menjadi pengganti lokal, tetapi sagu belum teridentifikasi dalam sampel. Terdapat 71 butir pati yang ukurannya tumpang tindih dengan sagu dalam koleksi perbandingan (24.14-73.47 µm), tetapi hanya 6 dari 71 butir pati (gambar 10) yang memiliki hilum eksentrik dan 4 diantara 6 di bawah ukuran rata-rata (45,28 µm) dari pati sagu pembanding. Salah satu butir pati yang sesuai dengan ukuran, bentuk, dan hilum adalah kentang (Solanum tuberosum). Bentuk dan ukurannya tidak sesuai dengan sagu dalam koleksi pembanding. Tidak ada satu pun pati, selain beras, dari koleksi pembanding yang tampak cocok dengan pati arkeologi. Jadi, sementara 4 dari 69 sampel memang menghasilkan beras, butiran pati yang tersisa tidak dapat diidentifikasi sebagai pati yang tercatat secara historis yang ada di Kepulauan Banda saat ini. Penelitian tambahan yang mengidentifikasi tanaman lokal yang dapat dimakan, akan sangat berguna untuk mengidentikasi sumber pati potensial.
Crowther (2005) mencatat bahwa butiran pati ditemukan di dalam tanah di daerah kegiatan pengolahan pati. Karena Undang-undang impor internasional, saya tidak dapat mengambil sampel tanah untuk pengujian pati. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa sisa pati yang tidak teridentifikasi merupakan hasil latar pati di dalam tanah, dan bukan hasil penggunaan gerabah. Karena lingkungan lokasi yang berbeda (dataran tinggi kenari / hutan pala dan pantai), kecil kemungkinan tanaman penghasil pati yang sama dapat ditemukan di kedua lingkungan tersebut, sehingga mengurangi potensi pencemaran lingkungan. Jika pati tetap berada di serpihan akibat perpindahan tanah, seharusnya tetap mencerminkan aktivitas manusia dan pola makan manusia. Namun, artikel terbaru (Crowther et al. 2014) menunjukan bahwa kontaminasi laboratorium dapat memberikan hasil positif bagi keberadaan pati. Jagung (Zea mays), gandum (Triticum dan Aegilops), barley (Hordeum), kentang (Solanum tuberosum), dan rumput non spesifik (Poaceae) adalah pati yang paling umum ditemukan menyebabkan kontaminasi laboratorium. Potensi kontaminasi ini tampaknya tidak cocok dengan mayoritas pati tak teridentifikasi di koleksi Banda, berdasarkan yang ada di koleksi perbandingan (Zea mays dan Solanum tuberosum), dan foto yang dipublikasikan dan deskripsi dari mereka yang tidak ada dalam koleksi perbandingan, tetapi kontaminasi laboratorium tidak dapat dikesampingkan sepenuhnya.
Menariknya, pada tingkat yang sangat mendasar, hal ini tidak muncul bahwa gerabah tembikar terutama digunakan untuk memasak atau menyajikan pati secara umum, dan secara khusus bukan pati yang tercatat secara historis. Sangat sedikit informasi yang tersedia mengenai penggunaan, pembuatan, perdagangan, atau sumber gerabah di Maluku (Latinis dan Stark, 2003). Informasi tambahan mengenai asal mula gerabah periuk dapat menjelaskan fungsinya. Namun, itu tidak mengubah fakta bahwa pati yang diharapkan dan tercatat secara historis tidak ditemukan pada serpihan arkeologis, menunjukan bahwa keramik tidak digunakan untuk menyimpan, memasak, atau menyajikan pati, yang menurut catatan Eropa paling banyak ditemukan di kepulauan itu. Kurangnya peng-arangan pada serpihan gerabah juga mendukung gagasan bahwa serpihan tersebut tidak digunakan untuk memasak makanan bertepung yang akan meninggalkan residu. Metode memasak non-keramik tentunya masih digunakan sampai sekarang di wilayah-wilayah itu secara umu, dan di Kepulauan Banda pada khususnya, Galvao (Jacobs, 1970 : 141) mencatat bahwa penduduk “ jarang menggunakan periuk/panci; karena mereka memasak daging, ikan, dan semua kebutuhan lainnya dalam bejana rotan [bambu]”, sekali lagi mendukung gagasan bahwa gerabah tidak digunakan untuk memasak bahan pokok bertepung. Penelitian lebih lanjut perlu dilakukan tentang penggunaan keramik di daratan Asia Tenggara secara umum.
DISKUSI
Perbandingan situs-situs Banda lainnya
Situs perkebunan digambarkan sebagai tempat tinggal elit dalam literatur sejarah (misalnya, Hanna, 1978), tetapi hanya sedikit artefak kaum elit yang ditemukan di perkebunan. Untuk menentukan apakah kurangnya artefak kaum elit karena fungsinya di situs, atau kurangnya bahan impor, saya membandingkan kumpulan keramik perkebunan dengan situs yang sebelumnya digali oleh Lape (2000) (gambar 11). Perlu dicatat, Lape menggali unit 2 x 2m, sementara saya menggali unit 1 x 1 m, jadi saya menggunakan persentase untuk membandingkan, tetapi jumlah serpihan dicatat dalam materi tambahan. 3 lokasi teratas adalah perkebunan; 2 situs berikutnya adalah rumah gubernur (BN 4) dan Harmonie Social Club (BN1), dipisahkan menjadi era kolonial (Kol) dan pra-kolonial (PC). Ada lebih banyak pipa (berjumlah ratusan) dan peralatan perdagangan / porselin ditemukan di tempat tinggal kaum elit yang terkenal (BN2 dan BN4). Namun, ada kurang dari 5 fragmen pipa di masing-masing situs lain, dan kurang dari 200 serpihan perangkat perdagangan, yang merupakan kurang dari 20% kumpulan. Sementara perangkat perdagangan membentuk kurang dari 30 % dari kumpulan di semua situs, jumlah perangkat perdagangan belaka (n=872 di BN2 dan n = 1817 di BN4), bahkan terhitung untuk ukuran unit yang lebih besar, cukup tinggi dibandingkan dengan perkebunan. Kumpulan di perkebunan lebih cocok dengan kumpulan di lokasi desa (BN1) dibandingkan dengan tempat tinggal kaum elit. Kurangnya barang kaum elit – terutama pecahan pipa – di perkebunan, dibandingkan dengan tempat tinggal kaum elit yang diketahui, menunjukan bahwa para perkenier Eropa tidak menghabiskan banyak waktu di perkebunan, dan perkebunan lebih dekat hubungannya dengan desa. Terlepas dari klaim historis untuk perkebunan sebagai tempat tinggal kaum elit, kumpulan artefak menunjukan, bahwa perkeniers mungkin menghabiskan lebih banyak waktu di rumah mereka di pelabuhan utama Banda Neira, daripada di perkebunan.
KESIMPULAN
Interpretasi atas reaksi masyarakat pribumi terhadap penjajahan seringkali cenderung berfokus pada satu aspek budaya material, baik itu keramik, sisa-sisa fauna, atau penataan ruang. Dengan mekihat berbagai bukti, interpretasi yang berbeda dari budaya material muncul. Untuk lokasi perkebunan Kepulauan Banda, sisa-sisa fauna cenderung mencerminkan strategi mencari makan/efisiensi energi yang lebih optimal, dimana penduduk memakan ikan murah atau memanfaatkan keseluruhan mamalia peliharaan. Sisa pati mungkin menunjukan kreolisasi dengan beras kaum elit dan butiran pati non elit lainnya yang ditemukan pada porselin kaum elit yang diasumsikan. Para elit mungkin telah menggunakan porselin / peralatan perdagangan untuk beras dan pati peringkat rendah, atau para pekerja mengakses porselin dan memiliki akses ke beras dan biji-bijian non beras. Kedalam porselin yang dangkal, bagaimanapun, menunjukan deposit baru-baru ini, mungkin penduduk lebih bersedia menjalani kreolisasi makanan di era modern. Terlepas dari siapa yang menggunakan hidangan tersebut, pencampuran nasi dan butiran non beras, menunjukan kreolisasi pati. Karena sebagian besar pati yang ditemukan pada keramik tidak dapat diidentifikasi sebagai pati lokal yang tidak tercatat, juga dapat mencerminkan strategi mencari makan yang optimal, tetapi penelitian lebih lanjut tentang sumber daya tumbuhan di kepulauan Banda perlu dilakukan. Gerabah keramik, di sisi lain, menunjukan kelanjutan dari jalur perdagangan pra-kolonial, dan saat pati hadir, dan bahwa pati yang ada, tidak disebutkan dalam sumber-sumber sejarah kolonial.
Menyelidiki hanya satu kategori budaya material akan memberikan pandangan terbatas tentang efek kolonialisme pada penduduk Kepulauan Banda. Sebaliknya, terbukti bahwa tidak ada reaksi monolitik terhadap kolonialisme. Konservatisme budaya material dan kreasi makan, keduanya digunakan sebagai strategi di perkebunan Kepulauan Banda masa kolonial. Selain itu, perbandingan kumpulan perkebunan dengan tempat tinggal elit yang diketahui, menunjukan bahwa perkebunan bukanlah teater (panggung) negosiasi sosial, tetapi budaya material malah lebih dekat dengan kehidupan desa [di masa] pra-kolonial.
===== selesai =====
REFERENCES
- Barton, H. and R. Torrence. 2006. Preface. In Ancient Starch Research, R. Torrence and H. Barton, editors, pp. 17-34. Walnut Creek, CA: Left Coast Press.
- Bellwood, P. 1997. Prehistory of the Indo-Malaysian Archipelago. Honolulu: University of Hawaii Press.
- Bliege Bird, R. and D.W. Bird. 1997. Delayed reciprocity and tolerated theft: the behavioral ecology of food sharing strategies. Current Anthropology 38: 49-78.
- Bliege Bird, R. and E. A. Smith. 2005. Signaling Theory, Strategic Interaction, and Symbolic Capital. Current Anthropology 46: 221.
- Chaudenson, R. 2001. Creolization of language and culture. Translated by S. S. Mufwene. Routledge, London
- Crowther, A. 2005. Starch residue on undecorated Lapita pottery from Anir, New Ireland. Archaeology in Oceania 40: 62- 66.
- Crowther, A., M. Haslam, N. Oakden, D. Walde, J. Mercader, 2014. Documenting contamination in ancient starch laboratories. Journal of Archaeological Science 49: 90-104.
- Deagan, K 1991. Historical archaeology's contributions to our understanding of early America. In Historical Archaeology in Global Perspective, Lisa Falk, editor, pp. 97-112. Washington, DC: Smithsonian Press.
- Deetz, J.1991. Introduction: Archaeological Evidence of Sixteenth and Seventeenth-Century Encounters. In Lisa Falk, editor, Historical Archaeology in Global Perspective,pp. 1-9. Washington, DC: Smithsonian Press.
- Diehl, M., J. A. Waters, and J. H. Thiel. 1998. Acculturation and the Composition of the Diet of Tuscon’s Overseas Chinese Gardeners at the Turn of the Century. Historical Archaeology 32: 19-33.
- Ellen, R. F. 2003.On the edge of the Banda zone: past and present in the social organization of a Moluccan trading network. Honolulu: University of Hawaii Press.
- Feathers, J. 2014. Luminescence analysis of pottery from Banda Islands, Indonesia. Unpublished report.
- Field, J. 2008. Starch analysis of archaeological samples- pot sherds from the early Neolithic Site PA1, Banda Islands, Indonesia, (c. 2-3 kaBP). Unpublished report prepared for Dr. Peter Lape.
- Foucault, M.1979. Discipline and punish: the birth of the prison. New York: Vintage Books.
- Franklin, M. 2001. The archaeological dimensions of soul food: interpreting race, culture, and Afro-Virginian identity. In C. E. Orser, editor, Race and the archaeology of identity, pp. 88-107. Foundations of archaeological inquiry, J. M. Skibo, general editor. Salt Lake City: University of Utah Press.
- Gould, R.A. 1980.Living Archaeology. Cambridge: Cambridge University Press.
- Hanna, W. A. 1978. Indonesian Banda: colonialism and its aftermath in the Nutmeg Islands. Philadelphia: Institute for the Study of Human Issues.
- Hilliard, S.B. 1988.Hog meat and cornpone: Foodways in the Antebellum South. In R.B. St.George, editor, Material Life in America, 1600-1860, pp. 311-332. Boston: Northeastern University Press.
- Jacobs, H. 1970. A Treatise on the Moluccas (c.1544). Rome: Jesuit Historical Institute.
- Janowitz, M. F. 1993.Indian Corn and Dutch Pots: Seventeenth Century Foodways in New Amsterdam/ New York. Historical Archaeology 27: 6-24.
- Jolley, R. L. 1983.North American Historic Sites Archaeology. Historical Archaeology 17: 64-79.
- Jordan, A.J. n.d. The Price of Spice: Ethnogenesis in Colonial Period Banda Islands, Indonesia. Unpublished PhD dissertation, Department of Anthropology, University of Washington.
- Khan, A. 2007.Good to Think? Creolization, Optimism, and Agency. Current Anthropology 48: 653-674.
- Lape, P. V. 2000 Contact and conflict in the Banda Islands, Eastern Indonesia, 11th-17th centuries. Unpublished PhD dissertation, Department of Anthropology, Brown University.
- Loth, V. C. 1998. Fragrant gold and food provision. In S. Pannell and F. von Benda-Beckman, editors, Old World Places, New World Problems, pp.66-93. Canberra: Center for Resource and Environmental Studies.
- Ptak, R. 1991. From Quanzhou to the Sulu Zone and beyond: questions related to the early fourteenth century. Journal of Southeast Asian Studies 29: 269-294.
- Reitz, E. and E. Wing. 1999. Zooarchaeology. Cambridge: Cambridge University Press.
- Reitz, E. J., T. Gibbs and T. A. Rathburn. 1985. Archaeological Evidence for Subsistence on Coastal Plains. In T.A. Singleton, editor, The Archaeology of slavery and plantation life, pp. 463-194. Orlando: Academic Press.
- Rice, P. 1987. Pottery Analysis: A Sourcebook. Chicago : University of Chicago Press.
- Ricklefs, M. 2001. A History of Modern Indonesia since c.1200. Stanford, CA: Stanford University Press.
- Schmitt, D. N. and C. D. Zeier. 1993.Not by bones alone: exploring household composition and socioeconomic status in an isolated historic mining community. Historic Archaeology 27: 20-38.
- Scott, E. M. 2001. Food and Social Relations at Nina Plantation. American Anthropologist 103: 671-691.
- Shiung, C.C. 2011. The implications of social, cultural, economic, and political interactions for ceramic evolution on the Banda Islands, Maluku Province, Indonesia. Unpublished PhD dissertation, Department of Anthropology, University of Washington.
- Spriggs, M. 1990. Archaeological and ethnoarchaeological research in Maluku 1975 and 1977: an unfinished story. Cakalele 1: 49-60.
- Spriggs, M. and D. Miller. 1979. Ambon-Lease: on study of contemporary pottery making and its archaeological relevance. In Pottery and the archaeologist, Occasional Publication No.4, M. Millett, editor, pp. 25-34. London: Institute of Archaeology.
- Stark, K. and K. Latinis. 1992. The Archaeology of sago economies in Central Maluku: An initial sketch. Cakalele 3: 69-86.
- Stewart, C. 2007. Creolization: History, Ethnography, Theory. In C. Stewart, editor, Creolization: History, Ethnography, Theory, pp. 1-25. Walnut Creek, CA: Left Coast Press.
- Stoler, A. L. 1985 Capitalism and confrontation in Sumatra’s plantation belt, 1870-1979. New Haven: Yale University Press.
- Voss, B. L. 2008. The Archaeology of Ethnogenesis: race and sexuality in colonial San Francisco. Berkeley: University of California Press.
- Winn, P. 2002. ‘Everyone searches, everyone finds’: Moral discourse and resource use in an Indonesian Muslim community. Oceania:72: 275-292.
- Winn, P. 2010. Slavery and cultural creativity in the Banda Islands. Journal of Southeast Asian Studies 43: 365-389.
- Winterhalder, B. and E. A. Smith. 2008.Evolutionary Ecology and the Social Sciences. In E. A. Smith and B. Winterhalder, editors, Evolutionary Ecology and Human Behavior, 2nd edition, pp. 3-24. New Brunswick: Aldine Transaction.
- Wolf, E. R. 1982. Europe and the People Without History. Berkeley: University of California Press.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar