Oleh :
5.
Struktur nama
Kemiripan
telah diidentifikasi dalam struktur linguistik nama-nama pribadi suku Alune dan
Nuaulu. Kedua kelompok bahasa memiliki nama yang dapat disegmentasi, dibangun
melalui peracikan atau melalui proses afiksasi, dan nama yang tidak dapat
disegmentasi, tetapi yang maknanya seringkali bisa diidentifikasi.
Makna-maknanya, jika memungkinkan, akan dijelaskan untuk suku Alune. Sedangkan
untuk nama-nama suku Nualu, bisa melihat kajian Ellen (1983).
5.1.
Struktur nama-nama
Nuaulu
Nama-nama Nuaulu terdiri dari dua hingga lima suku
kata, tetapi nama-nama yang terdiri dari tiga dan empat suku kata,
merupakan yang paling umum. Sejumlah nama wanita diawali oleh Pina, kata dalam
bahasa Nuaulu untuk wanita, diikuti oleh dua atau tiga kata.
5.1.1. Nama yang tidak dapat tersegmentasikan
Nama
yang tidak dapat dipisahkan terdiri dari dua atau tiga suku kata. Beberapa
adalah kata-kata biasa, meskipun mayoritas tidak dan tidak memiliki makna yang
jelas.
Nama dua suku kata
termasuk Hatu, Poki, Waka, Wanto, dan Wata.
Tiga
suku kata yang diakhiri dengan penanda bukan nomina -e, -ne, atau -te termasuk Rahie, Sahune, Saite, Soine, Touna16, dan Tuane.
Pola lainnya adalah nama tiga suku
kata yang terdiri dari akar bisilabik yang diakhiri dengan vokal tinggi / i /
atau / u /, yang ditambahkan / a /, seperti dalam kata Honia, Houa, Katua, Nihua, dan Ratia.
Namun yang lain adalah nama tiga
suku kata yang terdiri dari akar bisilabik yang diakhiri dengan vokal tinggi /
i /, yang – sa ditambahkan seperti
dalam nama Aisa, Tuisa.
Tiga nama suku kata yang terdiri
dari akar trisyllabic termasuk Alewa,
Maloi, Maloku, Manesi, dan Suasa.
Akhirnya, ada empat suku kata yang
terdiri dari akar trisilabik yang ditambah dengan salah satu penanda kelas kata
benda -e, -ne, atau -te, seperti dalam Siahue.
5.1.2.
Nama tersegmentasi
Meskipun makna-makna untuk kedua
bagian dari sebagian besar nama yang dapat disegmentasi tidak bisa
diidentifikasi, identifikasi-identifikasi itu ditekankan sebagai segmentasi,
dengan penekanan utama pada suku kedua dari akar kata, dan tekanan penekanan
sekunder pada suku pertama dari kata.
Empat nama suku kata termasuk Anarima, Atanepu, Huanatu, Maimuna, Nauhana,
Nisasou, Numapena, Sahukone, Samanai, Sanamanini, Sirehou, Sirusou, dan Tukanesi.
Ada lima nama suku kata yang terdiri
dari akar bisilabik yang diakhiri dengan vokal tinggi / i / atau / u /, yang
ditambahkan / a, seperti di kata Ananikua,
Sukamaua.
Ada juga lima suku kata dengan salah
satu penanda kelas-kata benda -e, -ne, atau -te pada segmen kedua, seperti di
kata Henaiane,
Nakanoene, Nasiomina17, Paraitana,
Sekeneane.
Pina 'perempuan'
dapat diikuti dengan nama dua suku kata, seperti dalam Pina Hai, Pina One, dan Pina
Roi.
Pina juga dapat
diikuti oleh nama tiga suku kata, seperti dalam Pina Hunane, Pina Irae, Pina Putie.
5.2.
Nama-nama Alune
Secara struktural, nama Alune
sejajar dengan nama Nualu di mana mereka terdiri dari dua hingga lima suku
kata dengan preferensi yang jelas untuk nama trisyllabik.
5.2.1 Nama yang tidak dapat tersegmentasikan
Akar yang tidak dapat dipisahkan
sering terdiri dari kata-kata Alune biasa. Ada preferensi yang kuat untuk nama
trisyllabic, dan dua aturan mungkin berlaku untuk mencapai struktur ini.
Pertama,
final / a / dapat ditambahkan ke akar bisilabik yang berakhir dengan tinggi vokal / i / atau / u /. Sebagai contoh:
Dulua dulu ‘to descend’
Lesia lesi ‘more’
Mabua mabu ‘affine’
Patia pati ‘asisten kepala desa’
Putia puti ‘white’
Kedua,
final / i / dapat ditambahkan ke akar bisilabik yang berakhir dengan a vokal tidak tinggi / e / atau / a /. Sebagai contoh:
Bolei bole ‘perangkap tali’
Lisai lisa 'perang'
Pelai pela 'aliansi antar desa'
Preferensi
untuk nama trisyllabic memblokir aplikasi kedua aturan untuk akar trisyllabic, karena akan menghasilkan
nama empat suku kata seperti * Bulane-i.
Pada saat yang sama, preferensi yang kuat untuk nama-nama itu berakhir pada / a / sering menyebabkan nama-nama dari
akar trisyllabic muncul / a / di tempat dari
vokal terakhir dari akar asli. Sebagai contoh:
Bulana
bulane ‘moon'18
Ni’wela ni’wele ‘coconut’
Utuna utune ‘seratus’
Ni’wela ni’wele ‘coconut’
Utuna utune ‘seratus’
Perhatikan
bahwa aturan ini menunjukkan preferensi tetapi tidak berlaku dalam semua
keadaan. Misalnya, mereka tidak berlaku untuk nama dewa, juga tidak untuk nama-nama roh yang dipanggil dalam mantra. Sebagai
contoh:
Dabike Dewa
bulan
Ima Nama
roh yang dipanggil dalam mantra panen padi
Tuale Dewa matahari
Tuale Dewa matahari
5.2.2 Nama yang dapat
dipisahkan
Nama
empat suku kata dan lima suku kata biasanya dapat disegmentasikan secara
morfologis19 mereka dapat berupa senyawa atau dibentuk melalui
afiksasi. Contoh gabungan-gabungan itu meliputi nama pria berikut:
Batulia batu ‘batu’ + lia ‘untuk
melewati’
Tatihenai tati ‘tunggu’ + hena ‘desa’
Tatihenai tati ‘tunggu’ + hena ‘desa’
Nama
perempuan meliputi:
Amuloia ‘amu‘ sirih
anggur ’+ loini‘ daun ’
Buamoni buai 'buah' + moni 'harum'
Manulua manu ‘burung’ + lua ‘dua’
Buamoni buai 'buah' + moni 'harum'
Manulua manu ‘burung’ + lua ‘dua’
Nama-nama pria dapat digabungkan
dengan sufiks -ela (lit. 'big'), istilah penghormatan untuk pria yang dibedakan
berdasarkan usia, status, atau kekuasaan. Sebagai contoh:
Abunela Abune (abune ‘Pied Imperial
Pigeon’) + ela
Laluela Lalua (lalu ‘untuk dibawa, memimpin’)
+ ela
Lumutela Lumuta (lumute ‘moss’) + ela
Ni'welela Ni'wela (ni'wele ‘kelapa’) + ela
Tualela Tuale (dewa matahari) + ela
Nama laki-laki juga dapat
digabungkan dengan istilah lain yang menunjukkan a
posisi otoritas atau kekuasaan, seperti latu ‘pejabat tertinggi pemerintahan
dalam sistem pemerintahan desa yang diperkenalkan oleh asisten Belanda dan pati
untuk kepala desa; pejabat pemerintah tingkat ketiga dalam sistem pemerintahan
desa yang diperkenalkan oleh Belanda'. Sebagai contoh:
Bailatu bai ‘untuk melingkari’ +
latu
Latuanai latu + anai ‘kecil '
Latuela latu + ela ‘big’
Latuesa latu + esa ‘one’
Samlatu Samai + latu
Patia pati
Patilesi pati
+ lesi ‘more’
Patinama pati + nama (‘to wait’)
Sulipati suli (untuk diinisiasi’) + pati
Nama laki-laki Samai penting dalam sejarah Alune, yang terjadi keduanya sendiri
dan, lebih sering, dalam gabungan. Sebagai contoh:
Samala Samai + ela 'besar'
Samana’wa Samai + na’wa ‘arenga palm’
Samlatu Samai + latu ‘pejabat pemerintah’
Sejumlah besar nama yang dapat
dikelompokkan mengandung tambahan na,
diturunkan dari na-ne ‘name (+ -ne noun-class marker)’. Sebagai contoh:
NAMA
PEREMPUAN
Balana bala ‘untuk menjalankan ' +
-na
Nabuna na- +
buna ‘flower’
Nalatu na- +
latu ‘penguasa’
Nameli na- +
mele ‘gelap, hitam’
Naole na- +
ole ‘bambu’
Nautuna na +
utune ‘ratus’
NAMA
LAKI-LAKI
Alana ala ‘nasi’ +
-na
Nanata
na- + nata ‘penggunaan
sihir, tipu daya, sihir untuk melukai
Tenina teni 'bambu'
+ -na
Beberapa
nama Alune terdiri dari awalan awal yang menandai gender feminim20. Ellen (1983: 27) dan Bolton (di atas)
melaporkan penandaan gender pada beberapa nama
wanita Nuaulu dengan panji- awalan. Contoh nama Alune yang ditandai untuk gender meliputi:
Nibulana
ni- feminine prefix + bulane ‘moon, month’
Nimaita
ni- +
Maita name nama pribadi pria ’
Nipi'ane
ni- +
pi’ane ‘plate’
Sangat
sedikit nama Alune yang membutuhkan lebih dari satu imbuhan. Sebagai contoh:
Nipiana
ni- feminim + pia ‘sagu’ + -na
6.
Sistem Kehormatan
Salah
satu aspek yang paling menarik dari sistem penamaan tradisional suku Alune dan
Nualu adalah sistem kehormatan yang terkait21. Menghormati
hubungan-hubungan di antara suku Nualu berlaku untuk para anak mantu. Orang
yang sudah menikah harus menunjukan rasa hormat dengan tidak menyebut nama
salah satu dari orang tua pasangan mereka. Hubungan rasa hormat yang bahkan
lebih ketat terjadi antara saudara laki-laki dari istri (WB) dan saudara
perempuan dari suami (HZ), dan saudara laki-laki dari suami (HB) dan saudara
perempuan dari istri (WZ). Ini tetap berlaku apakah kedua belah pihak masih
ada/hidup, dan pada kenyataannya, bahkan tetap berlaku setelah satu pihak
meninggal dunia. Menghormati hubungan di antara suku Alune, sudah tidak lagi
dikenal. Sebelumnya, sistem ini masih berlaku di antara WB dan HZ, HB dan WZ,
dan dengan sesorang mertua terutama antara suami dan ibu mertuanya. Di antara
suku Nualu, seprti juga di Alune, hubungan rasa hormat itu ditandai oleh
pembatasan perilaku.
6.1. Nualu
Orang
Nualu menganggap tidak sopan untuk menyebutkan apapun nama orang telah menikah,
kecuali bagi orang luar yang tidak terbiasa dengan sistem teknonim suku Nualu
dan tidak mengetahui bahasa Nualu. Ketika seorang wanita menikah, dia dipanggil
dan akan disebut sebagai Pina X, dimana X adalah nama klan suaminya. Pina berarti “perempuan”. Ketika seorang
pria menikah, dia dipanggil dan akan disebut sebagai Saa X, dimana X adalah
nama klan istrinya. Saa adalah elisi
dari msaha “ menikah dengan”. Begitu
mereka memiliki anak, mereka akan disebut ayah atau ibu dari anak tertua
mereka. Nantinya mereka juga akan disebut atau dipanggil sebagai kakek atau nenek dari salah satu cucu
mereka. Sangat tidak sopan untuk mengatakan/menyebut nama penjaga dari salah
satu rumah ritual klan.
Seiring
dengan sistem penghormatan ini, ada sistem larangan yang lebih ketat yang
berlaku untuk pasangan pribadi dan pasangan saudara lawan jenis pribadi (sau monne) yaitu WB dan HZ serta HB dan
WZ. Orang-orang ini tidak dapat saling mengucapkan nama atau bahkan kata-kata
yang sebagian atau homonim lengkap dari nama mereka. Ada juga pembatasan
perilaku, termasuk tidak makan dari piring yang telah digunakan orang lain,
tidak makan makanan sisa orang lain atau mengunyah pinang sisa mereka, dan
tidak berbicara dengan keras, bercanda, atau memaki di hadapan mereka. Dua
orang yang merupakan satu sau monne diizinkan berbicara selama mereka tidak saling
berdekatan. Mereka harus berada di seberang ruangan dari satu sama lain tetapi
berbicara dengan lembut/pelan. Namun, dalam satu kasus ketika Bolton hendak
pergi ke sebuah toko/warung desa dengan seorang teman, dan teman itu melihat
bahwa sau monne-nya ada di
toko/warung itu, maka dia (teman) memutuskan untuk membeli apa yang dia
butuhkan di tempat lain. Pembatasan ini masih dipatuhi oleh orang-orang Kristen
Nualu dan penganut agama tradisional. Sebelumnya, hal seperti itu juga dilarang
bagi bayangan seseorang untuk menimpa/menghalangi
pada sau monne, tetapi karena
larangan ini menciptakan kesulitan seperti denda yang harus dibayarkan untuk
menebusnya, sehingga larangan ini tidak berlaku lagi. Larangan mengucapkan
homonim-homonim nama dari sau monne – nya
berlaku bahkan setelah mereka meninggal. Bahkan, ketika seorang wanita
meninggal saat melahirkan, salah satu sau
monne- nya akan menjadi anggota kelompok para lelaki yang pergi untuk
menguburkan jenazah. Setelah penguburan, dia akan menjadi orang yang menarik garis
melintasi jalan dekat kuburan untuk mencegah dia (wanita yang meninggal) itu
untuk kembali ke negeri/desa, karena wanita itu akan lebih cenderung
menghormati pembatasan/pelarangan itu, jika dibuat/dilakukan oleh sau monne-nya.
Ada
beberapa kasus pertukaran saudara perempuan, dimana 2 laki-laki telah menikahi
saudara perempuannya satu sama lain. Dalam hal ini, saudara laki-laki dan
saudara perempuan berada dalam hubungan sau
monne, aspek penghindaran/pembatasa tidaklah berlaku. Mereka diizinkan
untuk saling menyebut nama.
Hubungan
pembatasan juga tidak seketat itu, jika seseorang terkait dengan sau monne-nya dengan cara lain. Dalam
satu kasus, sau monne seseorang juga merupakan putri dari saudara
perempuannya, dan dia adalah saudara laki-laki dari ibunya. Karena seorang saudara
laki-laki dari ibu memainkan peran penting di berbagai momen kehidupan anak
perempuan dari saudara perempuannya, pembatasannya tidak begitu ketat dalam
kasus ini. Namun, pembatasan/penghindaran nama tetap berlaku, bersama dengan
pembatasan mengucapkan homonim.
Tidak
ada sanksi karena kurang hormat dalam menyebutkan nama dari salah satu mertuanya,
tetapi orang Nualu percaya jika mereka mengatakan nama sau monne, lutut mereka akan menjadi lemah/tidak kuat. Namun, efek
ini dapat dihindari jika seseorang meludah di satu tangan dan segera menyentuh
satu atau kedua lutut itu. Tidak ada kompensasi yang diberikan kepada sau monne dan tidak ada denda yang
dibayarkan. Pasangannya juga akan marah dengan sikap tidak hormat seperti itu.
Jika seseorang makan dari sisa sau monne atau
menggunakan piringnya, anak-anak (mereka) akan jatuh sakit.
Aspek
yang menarik dari hubungan saling hormat dengan mertua terjadi ketika seorang
anak diberi nama dari nama kakek-nenek yang sudah meninggal. Dalam satu kasus
di Rohua, seorang anak memiliki nama dari kakeknya (ayah dari ayahnya) yaitu
Yako. Ibunya menunjukan sikap/rasa hormat kepada ayah mertuanya, dengan tidak memanggil
nama putranya dengan namanya (Yako), tetapi sebaliknya memanggil nama putranya
dengan nama Tete, istilah Melayu
untuk Kakek, karena putranya menyandang nama kakeknya. Namun, dalam kasus lain
dimana seorang anak memiliki nama kakeknya, ibunya memanggil dengan nama itu.
Orang lain menyalahkan ibu itu, karena tidak menghormati ayah mertuanya.
Orang-orang
merancang istilah pengganti untuk homonim nama-nama sau monne mereka, meskipun dalam banyak kasus sudah akan digunakan
karena sering ada lebih dari satu orang dengan nama tertentu. Tidak semua orang
menggunakan istilah yang sama. Misalnya, ada sejumlah laki-laki di Rohua yang
tidak dapat menyebutkan nama pribadi yang telah diketahui oleh Bolton disana
(namanya Rosi), karena mereka harus menghindari nama Rosi dan Rosina. Baik Rosi
dan Rosina menikah setelah Bolton mulai bekerja di Rohua, dan dia baru-baru ini
melihat kecenderungan yang lebih besar untuk memangginya pina putie “ perempuan putih” atau pina onate “ perempuan penting”. Seorang laki-laki memanggil Bolton
dengan nama Ro, nama panggilan yang telah diketahuinya, atau dia mungkin
memanggil Romary. Yang lain memanggil Bolton dengan nama Pina Temun. Pina “perempuan” digunakan bersama-sama
dengan sejumlah nama perempuan. Temun berarti
“memiliki nama yang sama”. Misalnya, ada 2 laki-laki di Rohua dengan nama Saite. Mereka memanggil dengan nama Temun kepada yang lain.
Seperti dapat dilihat pada tabel 1, sejumlah
mekanisme digunakan untuk menyusun istilah pengganti untuk homonim dari sau monne seseorang. Biasanya ketika
tiga huruf berturut-turut dari 2 kata yang sama, kata-kata ini dianggap
homonim. Namun, hal ini tidak selalu terjadi. Pina “ perempuan” dapat digantikan oleh kata Tahina, sementara Seite
dianggap sebagai homonim dari Seleputi, meskipun
hanya ada 2 huruf yang berurutan sama. Lebih jauh, seseorang yang tidak bisa
memanggil hunane “bulan” akan
memanggilnya hunahane “emas”, meskipun
4 huruf pertama adalah sama.
Perangkat
lain untuk memperoleh ketentuan penggantian termasuk nama-nama onomatopoik lain
untuk hewan. Nama Kaune adalah
hominim dengan kata onomatope untuk kambing yaitu une-une. Seseorang yang memiliki sau monne bernama Kaune, akan
dipanggil mee bukan une-une.
Seringkali
orang-orang memiliki lebih dari satu nama akibat dari perubahan nama ketika
mereka sakit, jika ditetapkan bahwa penyakit tersebut berasal dari/akibat dari
nama mereka. Seorang sau monne tidak
bisa memanggil nama-nama ini. Namun, nama-nama sebelumnya dapat digunakan oleh
orang yang tidak dapat menyebutkan nama seseorang saat ini, karena itu sama
saja dengan nama salah satu sau monne seseorang.
Misalnya satu orang dengan sau monne yang
bernama Wanto, tidak dapat memanggil nama putri dari saudara laki-lakinya yang
juga bernama Wanto, jadi ia memanggil anak perempuan itu Kupako, suatu nama dimana anak itu sebelumnya telah dikenal.
Suatu
klasifikasi dapat digunakan sebagai pengganti kata benda yang digunakan.
Misalnya, seseorang dengan sau monne yang
bernama Nauhana dipanggil atuku, daripada hanaku atue yang berarti “tangan”.
Beberapa
kata yang merupakan homonim dari sau
monne orang-orang, sangat umum digunakan dan karenanya sulit untuk
dihindari. Karena itu kebanyakan orang memanggil/menyebutkannya. Satu orang sau monne bernama Nasiomina dipanggil nasi
“darah”, meskipun seharusnya tidak boleh. Kata-kata penunjuk arah sangat
produkti di suku Nualu, dan arah nau “ke
laut” dan mai “kesini/disini” termasuk
dalam nama-nama seperti Nauhana dan Kemai. Dalam hal ini orang mengatakan
arah karena terlalu sulit untuk menghindari mengatakannya dengan pengganti yang
sesuai. Banyak nama perempuan dimulai dengan pina “perempuan”, sehingga sejumlah laki-laki tidak dapat memanggil
pina. Sebagian besar memanggil
seperti itu, meskipun beberapa yang lain menggunakan tahina, sebuah kata untuk “perempuan” dalam bahasa Sepa, negeri
tetangga mereka.
Perangkat
lain yang digunakan untuk menghindari mengucapkan kata-kata homonim dari sau monne seseorang adalah dengan
menunjuk. Orang yang berbicara kadang-kadang juga akan memanggil orang lain
untuk mengucapkan sepatah kata untuk mereka. Sesekali mereka akan membisikan
nama itu, terutama kepada orang luar seperti Bolton.
TABLE 1. NUAULU
REPLACEMENT TERMS
Synonym
NAME/S HOMONYM REPLACEMENT TERM
NAME/S HOMONYM REPLACEMENT TERM
Sakasou sou ‘word’ anamanae ‘word’
Tukanesi tuka ‘make’ mananeki ‘make’
Tukanesi, Hitinesi nesie ‘left’ rahane ‘left’
Near Synonym
NAME/S HOMONYM REPLACEMENT TERM
NAME/S HOMONYM REPLACEMENT TERM
Saite sai ‘to sharpen’ anipi ‘to sharpen with a rock
held in hand’
Aharena arena ‘path’ parisi ‘main road’
Huawaena waene ‘water source’ tihu ‘water taken from source
Aharena arena ‘path’ parisi ‘main road’
Huawaena waene ‘water source’ tihu ‘water taken from source
Retanusa reta ‘to split lengthwise’ haka ‘to split from top’
Wenue wenue ‘bead necklace’ rante ‘chain’22
Retaone kareta ‘bicycle’ oto ‘car’
Instrument Nominalization
NAME/S HOMONYM REPLACEMENT
TERM
Saniau sani ‘sago paste stirrer’ mamnehue ‘mixer’
Wata atane ‘sago paste server’ mamnahue ‘twirler’
Aharena aha ‘sago trough’ mainaie ‘container’
Specific Term for Generic
NAME/S HOMONYM REPLACEMENT TERM
NAME/S HOMONYM REPLACEMENT TERM
Huawaena hua ‘fruit’ kanai ‘areca nut’
Unuanaka unu- ‘head’ huhu- ‘top of head’
Wanaesa wanate ‘bamboo’ kahaute ‘bamboo container’
Generic Term for Specific
NAME/S HOMONYM REPLACEMENT TERM
NAME/S HOMONYM REPLACEMENT TERM
Hahulesin hahu ‘pig’ peni ‘game meat’
Sukue sukue ‘k.o. ginger’ hau rihue ‘good smell’
Nepenama nama ‘squeeze sago’ ahusie ‘touch’
Descriptive Phrase
NAME/S HOMONYM REPLACEMENT TERM
NAME/S HOMONYM REPLACEMENT TERM
Seleputi seite ‘knife’ tunu ikine ‘small machete’
Retanusa nusa ‘island’ tuniai otoe ‘area of world’
Pina Tou toune ‘egg’ manu anae ‘baby chicken’
Retaone one ‘star’ nante utue ‘sky’s louse’
Sekenima, Onima nima ‘five’ nome nohue ‘below six’23
Archaic Term24
NAME/S HOMONYM REPLACEMENT
TERM
Metei metene ‘black’ okone ‘black
Sahiane iane ‘canarium’ kahiaue ‘canarium’
Pekahatu hatu ‘rock’ nipie ‘rock’
Tukanesi nesi- ‘tooth’ kahake- ‘tooth’
Malay Language
NAME/S HOMONYM REPLACEMENT TERM
NAME/S HOMONYM REPLACEMENT TERM
Tanane naitanane ‘horse’ kuda ‘horse’
tanana ‘termite’ sorok ‘termite’
Urimahu uri ‘banana’ pisang ‘banana’
Pina Tou tou- ‘heel’ tumit ‘heel’
Kasinue kasi ‘cupboard’ lemari ‘cupboard’
Sepa Language
NAME/S HOMONYM REPLACEMENT TERM
NAME/S HOMONYM REPLACEMENT TERM
Pina Tou pina ‘female’ tahina ‘female’
Attribute
NAME/S HOMONYM REPLACEMENT TERM
NAME/S HOMONYM REPLACEMENT TERM
Retanusa usa ‘fire’ titie ‘hot’
Soine soi ‘k.o. ginger’ pasate ‘spicy hot
6.2.
Alune
Ada
sedikit bukti bahwa sistem penghormatan masih digunakan di negeri-negeri suku
Alune dewasa ini. Oleh karena itu, informasi ini disajikan dalam perspektif
teoritis. Hubungan yang saling menghormati (mosi)
ada antara WB dan HZ, HB dan WZ, dan dengan seorang mertua, terutama antara
seorang suami dan mertuanya. Orang-orang Alune tidak bisa mengucapkan nama
mertua mereka, jadi sebagai gantinya menggunakan istilah kekerabatan seperti sau “ istilah timbal balik untuk generasi
yang sama’, amate “ayah”, inate “ibu” atau anai “ anak”. Hubungan saling menghormati ditandai
oleh pembatasan perilaku. Misalnya, seorang wanita tidak bisa makan di
kamar/ruangan yang sama dengan mertuanya, dan dia tidak bisa secara langsung
memberikan benda tajam kepada saudara iparnya, seperti parang atau pisau. Hal
yang sama berlaku untuk seorang pria sehubungan dengan saudara iparnya.
Pelanggaran atas pembatasan ini menyebabkan pembayaran denda, biasanya dalam
bentuk piring China, Portugis atau Belanda.
Sistem
mosi juga melibatkan penggunakan
istilah penggantian leksikal (ma’mosi )
untuk kata-kata yang membentuk homonim parsiap atau lengkap dengan nama mertua.
Misalnya seorang pria yang WZ (wife’s sister – saudara perempuan istri) bernama
Alaya tidak bisa menggunakan kata ala dalam arti sehari-harinya “nasi”.
Sebagai gantinya, dia harus menggunakan istilah pengganti yaitu ume “pasir”. Mekanisme yang mirip dengan
yang dibahas di atas untuk suku Nualu digunakan untuk menyusun istilah
pengganti homonim untuk suku Alune. Mekanisme ini tercantum dalam tabel 2.
Seperti
yang diilustrasikan oleh data, generalisasi tertentu dapat ditarik tentang
sistem penggantian. Pertama, lebih
dari satu nama dapat memicu penggunaan istilah pengganti. Misalnya, Nibulana dan Bulana, keduanya memicu penggantian dari bulane “bulan”. Kedua, mungkin ada lebih dari satu homonim untuk
diganti. Misalnya, bala “ menjalankan” dan bala
“tangan, lengan”, haris digantikan oleh mereka yang berada dalam hubungan
mosi dengan seseorang bernama Balana atau
Balai. Ketiga, mungkin ada lebih dari
satu kemungkinan istilah pengganti untuk homonim tertentu. Misalnya, tuae “ palm wine” dapat digantikan
dengan na’wa “arenga palm” atau labue
“ inflorescence flower” oleh seseorang dalam hubungan mosi dengan seorang
pria bernama Tuale. Keempat, istilah
pengganti pada gilirannya dapat memicu penciptaan dari istilah pengganti lain.
Misalnya, nama perempuan Labana
mengarah pada pergantian uri lababa dengan
uri mapake; nama Sapake pada gilirannya juga mengarah pada pergantian uri mapake dengan uri malaite. Perlu dicatat juga bahwa sistem penggantian
menyebabkan hilangnya semantik diferensiasi untuk beberapa pembicara. Misalnya,
seseorang dalam hubungan mosi dengan pria bernama Ni’wela tidak dapat mengungkapkan perbedaan leksikal antara ni’wele “kelapa” dan wa’ile “sisa-sisa kelapa yang dikeringkan” karena
wa’ile haruslah digunakan dalam kedua
hal itu.
Pemeriksaan
data mengungkapkan bahwa cara pemilihan istilah penggantian leksikal paling
sering didasarkan pada transparansi hubungan semantik antara homonim yang harus
diganti dan istilah yang digunakan untuk menggantinya. Dalam kasus-kasus lain,
cara dimana pengganti dibentuk, mudah dianalisis dan mungkin cukup produktif.
Misalnya, lima “lima” dapat diganti
oleh ata-bei-ke yang secara harafiah
“ four from-transitivizer”, atau dengan kata lain “ lebih dari empat”. Sistem
yang sama digunakan untuk mendapatkan istilah pengganti untuk “tujuh”. Nominasi
awalan ma- (ma’a-) digunakan secara
produktif untuk mendapatkan ketentuan pengganti untuk “winnow” dan “cup”.
Namun,
etimologi dari beberapa istilah penggantian masih belum jelas. Saat ini, tidak
ada sumber yang dikenal untuk penggantian yang, menurut penutur Alune, adalah
sinonim tanpa diferensiasi semantik yang jelas. Beberapa istilah muncul lebih
luas dalam satu dialek atau wilayah Alune. Misalnya, uri adalah istilah tanpa tanda untuk “pisang” dalam dialek Alune
Utara (dan tema adalah istilah
pengganti dalam bahasa kehormatan di negeri-negeri utara). Lina adalah istilah tanpa tanda untuk “tangan, lengan” di negeri
Alune yang lebih ke timur (misalnya, Manusa, Huku, Rumbatu, Rumberu). Ada
kemungkinan bahwa kata ini masuk ke Alune melalui kontak dengan bahasa tetangga
sebelah timur, yaitu suku Wemale. Kata-kata lain mungkin juga telah dipinjam
dari bahasa tetangga seperti Lisabata di utara, atau Hatusua atau Waesamu di
selatan. Akhirnya, ada bukti terbatas untuk proses pembuatan kata di Alune yang
bisa menjelaskan asal beberapa istilah pengganti. Misalnya, di negeri pesisir
utara Murnate, masamulu berarti “kelelawar”.
Di negeri Alune lain, kata untuk “kelelawar” adalah salu-ne25. Saya menyarankan bahwa masamulu dibuat dari salu-ne
dengan memasukan suku kata mV1 sebelum setiap suku kata dimana V1 cocok dengan
V dari suku kata yang mengikutinya.
TABLE 2. ALUNE REPLACEMENT
TERMS
Synonym
NAME/S HOMONYM REPLACEMENT
NAME/S HOMONYM REPLACEMENT
Balana bala ‘hand, arm’ lina ‘hand, arm’
Loia loini ‘leaf’ tetui ‘leaf; something fallen
Samai sama’e ‘to divide’ lara’e ‘to divide’
Uria uri ‘banana’ tema ‘banana’
Near Synonym
NAME/S HOMONYM REPLACEMENT
NAME/S HOMONYM REPLACEMENT
Balana bala ‘to run’ naia ‘to flee’
Malai mala ‘dry, thirsty’ se’ile ‘dry’
Sulia, Sulua suli ‘to fasten’ sipa ‘to poke, stab; insert a
needle’
Titai tita ‘to cross over; visit’ hole ‘to wander around’
Titai tita ‘to cross over; visit’ lehi ‘to cross from one branch to another’
Titai tita ‘to cross over; visit’ hole ‘to wander around’
Titai tita ‘to cross over; visit’ lehi ‘to cross from one branch to another’
Instrument Nominalization
NAME/S HOMONYM REPLACEMENT
Koba, ‘oba obainai ‘coconut shell; glass’ ma’a’inu ‘drink container’ (NOM-to drink)
Lilina ‘liline ‘winnow’ ma’sidue ‘winnow’ (NOMto winnow)
NAME/S HOMONYM REPLACEMENT
Koba, ‘oba obainai ‘coconut shell; glass’ ma’a’inu ‘drink container’ (NOM-to drink)
Lilina ‘liline ‘winnow’ ma’sidue ‘winnow’ (NOMto winnow)
Specific Term for Generic
NAME/S HOMONYM REPLACEMENT
Bulana, Nibulana bulane ‘moon, month’ tnoule ‘phase of the moon’
Nipi’ane, Pikane pi’ane ‘plate’ meitinai ‘soup bowl’
NAME/S HOMONYM REPLACEMENT
Bulana, Nibulana bulane ‘moon, month’ tnoule ‘phase of the moon’
Nipi’ane, Pikane pi’ane ‘plate’ meitinai ‘soup bowl’
Descriptive Phrase
NAME/S HOMONYM REPLACEMENT
Hitula itu ‘seven’ nebeike ‘from six’
Latuesa latu ‘ruler, village head’ mo’wai esane ‘unique man’
Lima lima ‘five’ atabeike ‘from four’
Nihulana ulane ‘rain’ ekwate ‘rain’ (3sgNonHum-much)
Ni’ima ai ‘ima ‘k.o. tree’ ai nanu’e ‘tall tree’
Sapake uri mapake ‘k.o. banana’ uri malaite ‘green, unripe
banana’
Archaic Terms
NAME/S HOMONYM REPLACEMENT
Moala moa ‘to cook’ nali ‘to cook’
NAME/S HOMONYM REPLACEMENT
Moala moa ‘to cook’ nali ‘to cook’
Attribute
NAME/S HOMONYM REPLACEMENT
Tebua tebu ‘sugarcane’ susute ‘sweet’
NAME/S HOMONYM REPLACEMENT
Tebua tebu ‘sugarcane’ susute ‘sweet’
Different Member of Set
NAME/S HOMONYM REPLACEMENT
NAME/S HOMONYM REPLACEMENT
Lumai luma ‘house’ lubune ‘storage hut’
Elia eli ‘long grass’ putune ‘tall, coarse grass’
Labana uri lababa ‘k.o. banana’ uri mapake ‘k.o. banana’
Malasa uri mala ‘k.o. banana’ uri se’ile ‘k.o. banana’
Lopia, Piai pia ‘sago, sago palm’ na’wa ‘arenga palm’
Lopia, Piai pia ‘food, staple’ manane ‘food’
Puane, Puana tapuane ‘long grass’ melate ‘area overgrown with
grass & weeds’
Soia, Soita soi ‘areca palm’ pene ‘wild areca palm’
Soia, Soita soi ‘areca palm’ pene ‘wild areca palm’
Concrete Object for
Anthropomorphized One
NAME/S HOMONYM REPLACEMENT
Anthropomorphized One
NAME/S HOMONYM REPLACEMENT
Tuale Tuale
‘sun deity’ lematai ‘sun’
One Part Replacing Another
NAME/S HOMONYM REPLACEMENT
NAME/S HOMONYM REPLACEMENT
Buata buai ‘fruit’ labue ‘inflorescence of plant’
Ni’wela ni’wele ‘coconut’ ‘wa’ile ‘dried remnant of coconut’
Tuale tuae ‘palm wine’ labue ‘inflorescence of plant’
Ni’wela ni’wele ‘coconut’ ‘wa’ile ‘dried remnant of coconut’
Tuale tuae ‘palm wine’ labue ‘inflorescence of plant’
Result
NAME/S HOMONYM REPLACEMENT
NAME/S HOMONYM REPLACEMENT
Selike nseli ‘to be drunk’ nina ‘to walk cautiously’
Similarity in Size
NAME/S HOMONYM REPLACEMENT
NAME/S HOMONYM REPLACEMENT
Alaya ala ‘rice’ ume ‘sand’
- Perluasan sistem kehormatan terhadap homonim Melayu
Baik
di wilayah Nualu dan Alune, para peneliti telah mencatat beberapa perluasan
sistem kehormatan terhadap homonim Melayu
7.1.
Nualu
Kebanyakan orang
Nualu hanya berbicara bahasa Melayu Ambon dengan orang-orang non-Nualu. Karena
orang luar tidak tahu tentang larangan mengatakan nama sau monne seseorang, mereka akan lebih sering mengucapkan kata-kata
Melayu yang homonim. Namun, mereka akan mencoba untuk menghindari melakukan
ini, dan, jika mereka tidak bisa, mungkin akan membisikan kata itu, terutama
jika itu adalah nama yang sama atau homonim lengkap dengan nama sau monne mereka. Satu orang yang tidak
bisa memanggil nama Bolton mencoba menghindarinya jika orang luar bertanya
tentangnya, tetapi akan membisikan namanya jika terpaksa mengatakannya.
Menghindari homonim
juga berlaku ketika berbicara bahasa Nualu dicampur dengan kata-kata pinjaman
bahasa Melayu. Misalnya, minyak tanah dalam bahasa Melayu, digunakan untuk
“minyak tanah”, tetapi seseorang dengan sau
monne bernama Tanane akan
menghindari mengatakan tanah dan hanya
menggunakan minyak yang berarti
“minyak tanah” juga. Jika didorong untuk lebih spesifik, ia dapat menerjemahkan
kata tanah ke dalam bahasa Nualu,
yaitu tuamane. Dengan demikian,
seperti dalam suku Alune, penghindaran nama homonim meluas ke bahasa Melayu,
atau setidaknya kata-kata pinjaman bahasa Melayu.
7.2.
Alune
Di semua negeri
Alune, pergeseran bahasa dari Alune ke bahasa Melayu (Melayu Ambon, dan pada
tingkat yang lebih kecil, bahasa Indonesia) terjadi dengan kecepatan yang
berbeda. Di negeri-negeri pegunungan yang lebih terpencil, laju pergeserannya
lambat dan penggunaan bahasa Alune tetap kuat. Namun, semua penduduk desa
berbicara dwi bahasa dalam bahasa Alune dan Melayu. Di negeri-negeri pesisir,
dimana kontak dengan orang-orang non-Alune lebih sering, laju pergeserannya jauh
lebih cepat. Di Murnaten, misalnya, hanya penduduk desa berusia sekitar 45
tahun lebih yang mempertahankan kefasihan bahasa Alune; orang muda hanya
memiliki pengetahuan pasif tentang hal itu. Situasi di Lohiatala terletak di
antara 2 ekstrim ini : orang yang lebih tua bilingual dalam bahasa Alune dan
Melayu, mereka yang berusia sekitar 2o dan 40 adalah penutur pertama bahasa
Melayu tetapi dapat berkomunikasi dalam
bahasa Alune, dan mereka yang lebih dari sekitar 20 tahun, hanya memiliki
pengetahuan pasif tentang bahasa Alune.
Walaupun buktinya
terbatas, Florey telah mencatat contoh-contoh dimana istilah penggantian
digunakan dalam interaksi verbal berbahasa Melayu. Dalam kasus ini, seorang
pria atau wanita dalam hubungan mosi dengan
seseorang yang nama pribadinya Alune, membentuk homonim sebagian atau lengkap
dengan kata Melayu, akan menggantikan kata Melayu dengan bahasa Alune yang
setara saat berbahasa Melayu. Sebagai contoh :
Melayu
Nama Homonim
Melayu Pergantian
Alune
Kakia Kaki Lelale “ Kaki”
Lilina Lilin Hitate “Nyala, cahaya”
Malasa Malas Mnosone
“ Malas”
Malasa Pemalas Mnosone
“ Malas”
Nisuka Cuka Ma’linute
Proses ini juga
meluas ke penggunaan kata-kata pinjaman Melayu yang telah dimasukan ke dalam
bahasa Alune. Sebagai contoh :
Nama Homonim
Melayu Pergantian
Alune
Nisulata Sulate “surat, kertas”26 Tarkase “ kertas”27
Lemone Lemone28 Musi
Perpanjangan yang jelas dari beberapa bagian
sistem penghormatan Alune ini ke dalam interaksi verbal berbahasa Melayu
memberikan cara yang menarik dengan di mana
sebagian dari bahasa Alune dipertahankan - dalam bentuk tingkat rasa hormat
dalam bahasa Melayu yang digunakan di desa-desa Alune yang mengalami pergeseran
bahasa yang cepat.
- Pengaruh konversi pada praktik penamaan suku Nualu
Ellen (1983 : 24) mengamati bahwa konversi ke agama
Kristen atau Islam dipandang sebagai “ sama dengan kematian sosial “, karena
nama bekas orang yang telah dikonversi itu diberikan kepada anak lain ketika
orang yang telah menganut agama baru itu memakai nama Kristen atau Islam yang
baru. Ada kecenderungan untuk memberikan nama Nualu-nya kepada bayi yang lahir
setelah ia bertoba, tetapi praktik ini tampaknya sudah mulai memudar sejak
periode kerja lapangan yang dilakukan Ellen. Ellen (1983:24) menyebutkan kasus
seorang pria yang mengubah nama Nualu-nya, Pisara,
menjadi Buce ketika dia masuk agama Kristen, kemudian putranya dinamai Pisara. Anak ini harus dibesarkan dalam
agama tradisional Nualu, daripada sebagai seorang Kristen untuk menggantikan
ayahnya, tetapi ia meninggal ketika ia baru berusia satu atau 2 tahun. Kemudian,
anak lain dari keluarga lain di klan Buce memiliki seorang putra yang bernama Pisara. Dia meninggal karena malaria
otak, ketika dia berusia sekitar 8 atau 9 tahun. Kedua kematian dilihat oleh
beberapa orang sebagai indikasi bahwa, ketika seseorang menjadi seorang Kristen
atau Muslim, namanya tidak boleh digunakan kembali seolah-olah dia sudah mati. Beberapa
orang percaya bahwa, jika nama Nualu dari seseorang yang telah dikonversi,
diberikan kepada bayi, bayi itu akan mati muda, karena nama itu sudah
“memegang/dipegang” orang yang semula menerima nama itu. Baru-baru ini, ketika
seorang wanita yang bernama Nualu yaitu Marae,
mendengar bahwa seorang bayi baru saja dilahirkan oleh seseorang di klannya
dan telah diberi nama Marae, dia
menangis dan meyakinkan mereka untuk tidak menggunakan namanya. Dia kesal
karena dia dan suaminya masih membantu keluarga dan klan wanita itu. Seorang
informan mengatakan bahwa nama orang yang baru bertobat dapat diberikan kepada
bayi sementara orang masih marah dengan orang yang pindah agama karena
meninggalkan agama tradisional. Setelah mereka didamaikan dengan keluarga
mereka, dan jika mereka terus tinggal dekat dan membantu upacara, nama mereka
tidak akan digunakan karena mereka masih membantu keluarga dan klan mereka.
Jika mereka pindah jauh, nama mereka mungkin diberikan kepada bayi lain.
Sangat menarik untuk dicatat bahwa pemberian nama-nama
tradisional tampaknya ditinggalkan, begitu suku Nualu masuk agama Kristen.
Namun, beberapa kemungkinan sisa-sisa dari agama tradisional tetap ada di
antara orang-orang Kristen Nualu – seperti memiliki nama yang diberikan oleh
pendeta, dan bukan orang tua bayi. Ada cara Kristen lainnya untuk melakukan
praktik kelahiran tradisional. Dalam kasus orang-orang Kristen dan penganut
agama tradisional di antara orang-orang Nualu, plasenta dimakamkan setelah
dipotong. Bayi yang lahir dari mereka yang menganut agama tradisional, proses
melahirkan dilakukan di dalam pondok/gubuk
menstruasi/melahirkan yang terletak di pinggir desa. Sang ibu mengubur
plasenta di pinggir pondol/gubuk arah matahari terbit, setelah mencuci dan
membungkusnya dalam karung plastik. Tempat dimana itu terkubur, ditandai dengan
lingkaran potongan bambu yang tertancap di tanah berhadapan dengan dinding
gubuk/pondok (puku). Orang-orang
Kristen di Rohua hidup dalam kehidupan yang berbeda bagian dari desa dan
melahirkan bayi mereka di rumah. Plasenta dimakamkan di tepi rumah dan
tempatnya ditandai dengan batu daripada potongan bambu. Bunga diletakan di
atasnya sebelum dikubur, seperti praktik di antara orang Kristen Protestan di
daerah itu, ketika mereka menguburkan mayat. Praktik ini dalam beberapa elemen
menyerupai yang dijelaskan di atas untuk suku Alune.
Baik orang Kristen dan penganut agama tradisional di
Nualu, memotong tali pusar dengan bambu. Namun, bidang Kristen yang membantu melahirkan
bayi-bayi Kristen mengatakan bahwa dia akan menggunakan gunting, jika ada. Ketika
dia membantu melahirkan bayi-bayi non Kristen, dia harus menggunakan bambu.
Dalam kedua kasus tersebut, bidan memotong tali yang panjangnya 5 tangan dari
bayi dan menyebutkan nama bayi saat memotong tali pusar itu.
Tidak semua praktik tradisional dijalankan. Misalnya,
setelah tali pusar dipotong untuk bayi
yang orang tuanya masih menganut agama tradisional, bidan memegang tali pusar,
menggerakan tangannya ke atas lengan kanan bayi 5 kali, dan kemudian meletakan
tali pusar di atas kepala bayi sementara berdoa. Ini untuk “meningkatkan nafas”
(apusaa nahai ), memastikan bahwa
bayi akan bernafas dengan baik dan berumur panjang. Bidan tidak melakukan
proses ini untuk bayi-bayi Kristen.
- Kesimpulan
Kontras
penting yang muncul dalam penelitian ini adalah perbedaan antara praktik suku
Nualu dan Alune sehubungan dengan nama tradisional. Suku Alune kadang-kadang
masih memberikan bayi nama tradisional, meskipun ada konversi ke agama Kristen,
bahkan di negeri-negeri pegunungan lebih dari 60 tahun yang lalu. Akan tetapi,
orang Nualu tampaknya telah meninggalkan praktik ini, meskipun sebagian besar
orang Kristen Nualu di Rohua hanya bertobat dalam 20 atau 30 tahun terakhir. Karena
jumlah nama tradisional Alune yang masih digunakan, tampaknya praktik di suku
Alune untuk menganugerahkan nama tradisional bertahan lebih umum untuk beberapa
waktu setelah konversi.
Karena
beberapa sisa-sisa praktik kelahiran tradisional, ada baiknya bertanya mengapa
orang-orang Kristen Nualu tidak memberikan bayi mereka nama-nama tradisional
Nualu, seperti yang dilakukan oleh suku Alune, terutama mengingat konversi yang
jauh lebih baru ke agama Kristen. Satu penjelasan yang mungkin adalah bahwa
orang-orang Kristen Nualu tidak merasa perlu untuk menjaga nama-nama
tradisional tetap beredar – sebagaimana
suku Alune lakukan untuk menjaga ingatan leluhur tetap hidup – karena masih
ada begitu banyak orang Nualu penganut agama tradisional. Konversi ke Kristen
lebih banyak dilakukan berdasarkan pada dasar luasnya negeri di seluruh suku
Alune, sedangkan konversi di Rohua saat ini berdasarkan keluarga demi keluarga,
seringkali antara beberapa tahun di antara pertobatan baru.
Kita
mungkin berpendapat bahwa konversi suku Alune dalam bentuk nominal, suatu
bentuk sinkretis dari agama Kristen dan dengan demikian terus memberikan
nama-nama tradisional kepada bayi, sedangkan orang Kristen Nualu kurang
sinkretis. Namun, pengamatan terhadap praktik-praktik lain dari orang-orang
Kristen Nualu, seperti kepatuhan mereka terhadap larangan dan berkomunikasi
dengan roh-roh leluhur, menunjukan bahwa orang-orang Kristen Nualu cukup
sinkretis. Dengan demikian perbandingan soal sinkretis, bukanlah penjelasan
yang valid. Komentar bidan Kristen Nualu tentang penamaan bayi, mungkin memberi
sedikit penjelasan dalam menjawab pertanyaan ini. Dia berkata “ Pendeta memberi
nama-nama itu. Hanya nama Kristen. Karena dalam proses itulah, tanda
Kekristenan itu muncul/berlaku”. Mungkin pemberian satu-satunya nama Kristen
adalah cara yang ditegaskan oleh orang-orang Kristen Nualu untuk menunjukan
kekristenan mereka dan perbedaan mereka dari kerabat Nualu mereka yang masih
berpegang pada kepercayaan tradisional mereka. Kemampuan mereka untuk
menggunakan praktik penamaan pribadi untuk tujuan ini dapat terbantu oleh
kurangnya kebutuhan mereka untuk menjaga nama-nama leluhur Nualu dalam
sirkulasi, sebagaimana disebutkan di atas, karena hal ini masih dilakukan oleh
anggota masyarakat lainnya. Sebaliknya, kami menyarankan bahwa suku Alune
memanfaatkan praktik penamaan pribadi sebagai cara untuk mematuhi bahasa Alune
dan praktik-praktik leluhur di era perubahan sosial dan budaya yang sangat
cepat ini.
======
selesai ======
Catatan Kaki
16. This is
the formal variant of the -ne noun-class marker
17. The suffix
-na here is the plural form of the noun-class marker -ne.
18. The fact
that this name triggers lexical replacement of bulane ‘moon’ with tnoule
‘phase of the moon’ indicates that name derives from bulane rather
than bula ‘to come’ with the -na ‘name’ affix.
19. It should
be noted that the latter are quite uncommon.
20. Note that
the male name Ni’wela is not morphologically segmentable. It derives from ni’wele
‘coconut’ and is not therefore prefixed with ni-.
21. Collins
(1989) observes that his earlier fieldnotes record the presence of taboos on
uttering the names of one’s affines in Alune, Nuaulu, and other languages of
Central Maluku.
22. This and
the following replacement term are borrowed from Malay but are well assimilated
into the Nuaulu language and are thus listed here as near synonyms rather than
Malay replacement terms.
23. This is
an interesting contrast to the Alune procedure for devising replacement terms
for numbers. Alune uses the number before that being replaced and adds suffixes
giving it the meaning ‘to be more than X’, whereas Nuaulu uses the next highest
number and modifies it with the noun nohue ‘below’.
24. Replacement
terms in Nuaulu and Alune have been categorized as “archaic” on the basis of
consultants’ attitudes toward the terms.
25. The
suffix -ne is a noun class marker.
26. A
loanword into Alune deriving from Malay surat.
27. A
metathesized form of the Ambonese Malay word kartas.
28. A
loanword derived from Ambonese Malay
REFERENCES
Collins, James T. 1982. Linguistic research
in Maluku: A report of recent field work. Oceanic Linguistics 21:
73–146.
———. 1983. The historical relationships of the languages of Central Maluku, Indonesia.
Pacific Linguistics Series D-47. Canberra: The Australian National
University.
———. 1989. Notes on the languages of Taliabo. Oceanic Linguistics 28:
75–95.
Ellen,
Roy F. 1983. Semantic anarchy and ordered social practice in Nuaulu personal
naming. Bijdragen tot de Taal-, Land- en Volkenkunde 139: 18–45.
Florey, Margaret J. 1990. Language shift: Changing patterns of language
allegiance in western Seram. Ph.D. diss., University of Hawai‘i.
———. 1991. Shifting patterns of language allegiance: A generational perspective
from eastern Indonesia. In Papers on Indonesian linguistics, ed. by H.
Steinhauer, 39–47. Pacific Linguistics Series A-81. Canberra: The Australian
National University.
———. 1992. Dialect-switching, language attitudes, and language obsolescence in
an Alune-speaking village. Paper presented at the Second International Maluku
Research Conference, University of Hawai‘i, Honolulu.
———. 1993. The reinterpretation of knowledge and its role in the process of
language obsolescence. Oceanic Linguistics 32: 295–309.
———. 1997. Skewed performance and structural variation in the process of language
obsolescence. In Proceedings of the Seventh International Conference on
Austronesian Linguistics, ed. by Cecilia Odé and Wim Stokhof, 639–660.
Amsterdam: Editions Rodopi.
Grimes, Barbara Dix. 1991. The development and use of Ambonese Malay. In Papers
on Indonesian linguistics, ed. by H. Steinhauer, 83–123. Pacific Linguistics
Series A-81. Canberra: The Australian National University.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar