Senin, 30 November 2020

Variabilitas Penggunaan Gua di Maluku Tengah, Indonesia Timur (Bag 2 - selesai)

Oleh

David Kyle Latinis dan Ken Stark

 

======================

 

Ken Stark

SERAM

Beberapa situs diidentifikasi di Teluk Piru dan wilayah pedalaman di barat daya Seram. Yang paling luas adalah situs Hatusua. Situs yang awalnya diidentifikasi oleh Spriggs (1990) sebagai kompleks gua Hatuhuran, kini telah menjadi lereng bukit berdinding besar dan pemukiman protohistoris pesisir dengan banyak situs gua batu kapur, baik [di] pesisir maupun pedalaman. Situs lain termasuk situs gua, situs negeri terbuka (kemungkinan historis, tetapi mungkin protohistoris), situs lukisan batu tebing/gua di Sawai (Seram Utara), dan situs lain dengan legenda yang menyertainya, tetapi tidak ada sisa-sisa arkeologis yang terlihat. Satu situs batu yang menggantung di dekat Lumoli, di pedalaman pegunungan di belakang Piru masih digunakan, dengan platform alas kayu. Konon penghuninya adalah orang tua yang eksentrik, dan mungkin walang hutan-nya (istilah lokal yang berarti pondok hutan, rumah, tempat istirahat, atau tempat bekerja/pengolahan).

                Beberapa situs sendi cadas yang diperiksa di Sawai menampilkan cap tangan berwarna merah, hal yang lumrah di situs gua batu kapur di Asia Tenggara. Penanggalan situs-situs ini sulit. Situs-situs itu mungkin lebih awal dari pengaruh Austronesia, atau bisa lebih baru. Sulit untuk menentukan apakah tradisi tetap berlanjut dalam jangka waktu yang lama, atau dihidupkan kembali secara berkala. Banyak situs serupa memiliki endapan artefak, tetapi menghubungkan yang terakhir dengan lukisan gua itu sulit. Meskipun demikian, perlu dicatat bahwa tradisi seni gua terdapat di Maluku Tengah dan banyak situs gua yang terlihat dari laut, lukisannya terletak di teras, permukaan tebing, dan pintu masuk gua di dekat pantai (lihat Ballard, 1998a, 1998b, untuk diskusi dan interpretasi rinci)
                Banyak situs gua di kompleks Hatuhuran dan situs Hatusua yang bersebelahan seringkali berisi penghambur gerabah dan gabungan dari gerabah dan tulang manusia. Kadang-kadang beberapa gua menunjukan tanda-tanda penggunaan baru-baru ini, meskipun penduduk setempat cenderung takut dan menghindari gua-gua tersebut, terutama daerah Hatuhuran pada malam hari (dikatakan bahwa penyihir dan roh-roh leluhur yang salah membunuh kaum bangsawan menghantui daerah tersebut, terkadang dengan akibat yang fatal). Situs-situs dengan sisa-sisa manusia umumnya berisi tengkorak dan tulang panjang, kemungkinan menunjukan penguburan sekunder. Meskipun banyak kendi pecah yang diamati, tidak ada penguburan tempayan yang dicatat. Sekali lagi, guci mungkin sengaja hancur di zaman kuno (Bellwood, 1997). Morfologi, desain, komposisi dan konteks keseluruhan tembikar menunjukan tradisi protohistoris Austronesia yang identik dengan yang ada di semenanjung Leihitu Utara di Ambon. Namun, beberapa desain mungkin menunjukan pengaruh dari tradisi zaman logan yang lebih awal dan lebih luas, yang memiliki kesamaan umum dengan bahan dari Indonesia bagian timur, tengah, dan barat, Filipina, dan mungkin kelompok Austronesia lainnya di tempat lain (misalnya, Oseania Dekat).

                Penggalian di situs pada tahun 1993 termasuk unit 3 x 3 meter di area terbuka, parit yang mengarah ke gua, dan beberapa lubang uji di dalam gua (sekitar 25 m2 yang digali). Yang terakhir menghasilkan artefak dengan kepadatan terendah, tetapi termasuk beberapa sisa-sisa manusia (fragmen rahang bawah dan beberapa gigi). Artefak yang paling banyak ditemukan di mana-mana adalah tembikar dari keramik, banyak diantaranya diiris, digores merah, dikilapkan tipis, dan lebih jarang dicat. Kebanyak termasuk dalam 6 jenis : guci terbatas dan tidak terbatas, piring atau mangkuk dangkal, mangkuk atau cangkir polos dengan kaki bercincin, piring atau mangkuk yang dasarnya diiris (hanya di permukaan atas) dengan cincin kaki; tungku yang diiris dan didekorasi (tungku gerabah berbentuk besi yang umumnya di Asia Tenggara); dan lampu minyak yang mengilap dengan semburan terjepit. 5 pertama adalah tipikal dari banyak permukaan yang tersebar di Ambon, tetapi yang terakhir tidak. Tidak diketahui apakah hal ini menunjukan bahwa area gua, terutama yang dekat dengan pintu masuk, digunakan untuk tujuan ritual, tidak diketahui, meskipun ada kemungkinan : dekorasi yang luas di atas tungku-tungku, dan piring mungkin menunjukan bahwa area tersebut digunakan untuk kegiatan ritual termasuk persembahan makanan atau barang lainnya.

Artefak lain termasuk beberapa yang terbuat dari cangkang dan sisa-sisa fauna, beberapa potong besi dan perunggu, 3 fragmen periuk (kemungkinan besar kapal gudang Cina abad ke-13 hingga ke-14), cakram batu kecil (mungkin gacuk – sejenis token), dan 1 pecahan gelang kaca berpotongan segitiga biru, mungkin asal Cina. Pecahan-pecahan permukaan di luar gua, seperti situs protohistoris di Ambon, mengandung sebagian kecil keramik Thailand, Vietnam, dan Cina abad ke-13 hingga ke-15, yang kemungkinan menunjukan penanggalan “pendudukan” wilayah/tempat.

2 penanggalan radiokarbon dari endapan bantalan keramik yang lebih rendah dari parit di luar situs gua Hatusua, menunjukan “pendudukan” atau “hunian” awal pada abad ke-8 : hasil kalibrasi 2 sigma 775 – 980 AD (Beta-181923, konvensional 1160 ± 40 B.P.), dan 2 hasil kalibrasi sigma 765 – 970 (Beta-181924, konvensional 1180 ± 40 B.P.). Ada kemungkinan bahwa penggunaan gua-gua ini, untuk penguburan dan aktivitas lain terjadi di seluruh urutan pendudukan di Hatusua, sesekali atau hanya selama fase awal atau akhir. Data penggalian gua tidak jelas mengenai hal tersebut. Desain keramik dan morfologi dari sampe gua (termasuk gua yang belum digali) umumnya mirip dengan yang dianalisa dari koleksi tingkat bawah dan permukaan yang digali di luar pintu masuk gua serta koleksi permukaan di tempat lain. Kemiripan dengan kumpulan Tomu, mungkin menunjukan rentang waktu yang sama untuk pekerjaan dan penggunaan gua.

 


 

INFORMASI SEJARAH DAN ETNOGRAFI

Informasi sejarah dan etnografi tentang penggunaan di Maluku Tengah hanya terbatas : menyebutkan (sering kali sepintas lalu) dalam deskripsi para pelacong, dokumen penduduk, dokumen kolonial, cerita rakyat lokal, dan, baru-baru ini, catatan dari etnografer dan peneliti lain (Hagen, komunikasi pribadi; Latinis, 1999). Sedikit jika ada penelitian yang berfokus secara khusus pada penggunaan gua, dengan pengecualian beberapa survei arkeologi. Meskipun berada di luar cakupan masalah ini untuk memberikan rincian panjang tentang informasi sejarah, sejarah lisan dan etnografis, perlu dicatat bahwa penggunaan gua tertentu yang tidak diungkapkan dalam catatan arkeologi sejauh ini mencakup kegiatan seperti memanen sarang burung yang bernilai tinggi (sebagai bahan makanan atau obat)3, sesekali berburu kelelewar4, mengumpulkan guano (pupuk dari tahi kelelawar). Zaman dahulu dari praktik-praktik ini masih belum diketahui. Gua juga kadang-kadang digunakan sebagai tempat persembunyian, tempat peristirahatan, tempat rekreasi, tempat persembunyian untuk barang-barang berharga, dan terkadang tempat pembuangan sampah. Seperti disebutkan sebelumnya, gua masih ditakuti dan dihindari oleh kebanyakn orang Maluku.

Banyak gua memiliki legenda dan cerita rakyat yang melekat padanya. Beberapa formasi batu kapur di dalam dan di luar gua, dianggap sebagai bekas pahlawan, pahlawan wanita, atau “penjahat” yang telah berubah menjadi batu oleh kekuatan magis atau sihir. Beberapa gua dianggap sebagai tempat roh-roh berbahaya, penyihir, atau praktisi ilmu hitam, peran terakhir yang menghasilkan artefak unik yang menjadi ciri khas praktisi tersebut. Dengan demikian, gua juga memiliki tujuan budaya dan simbolik, yang sejalan dengan sejarah lisan, cerita rakyat, legenda, dan kepercayaan lain yang masih tertanam kuat dalam adat Maluku (adat, tradisi, budaya, dan sistem kepercayaan, yang umumnya dikatakan terpisah dari agama, religion). Terakhir, gua-gua digunakan selama periode Perang Dunia II dan konflik Republik Maluku Selatan (RMS) sebagai tempat militer dan persembunyian (baik oleh penduduk lokal maupun nonlokal). Banyak gua telah digunakan sebagai tempat persembunyian sementara, dan mungkin permanen, sepanjang sejarah Maluku.

 

David Kyle Latinis

DISKUSI 

Dalam makalah ini, kami telah mencoba untuk menilai variabilitas penggunaan gua di Maluku Tengah, menggunakan bukti arkeologi, dan, pada tingkat yang lebih rendah, data sejarah dan etnografi. Seperti yang telah kami tunjukan, bukti menunjukan variabilitas yang signifikan dalam penggunaan gua. Gua telah dan digunakan sebagai tempat tinggal sementara (umumnya jangka pendek daripada musiman); mungkin tempat tinggal permanen di beberapa lokasi (misalnya, Labarisi), meskipun hal ini tampaknya bukan kejadian umum; [enguburan, kemungkinan lokasi ritual; tempat pengolahan; sumber pangan serta pupuk dan komoditas ekonomi lainnya; tempat peristirahatan dan tempat penampungan semnetara; pembuangan limbah; rekreasi; “kanvas” seniman, dan bahkan mungkin tempat pemberian isyarat dan pembelajaran budaya; persembunyian; tujuan militer; sumber atau bagian penting dari cerita rakyat; dan kemungkinan tempat tinggal praktisi ilmu hitam, penyihir dan sebagainya. Kemungkinan penggunaan lain terjadi atau pernah terjadi di masa lalu, seperti meditasi. Misalnya, ada catatan sejarah lisan dari salah satu pendiri [negeri] Hitu yang bermeditasi di hutan, mungkin di dalam gua. Mungkin juga satu gua mungkin pernah mengalami beberapa dari penggunaan yang berbeda ini secara bersamaan dan/atau berurutan. Membedakan tanda-tanda arkeologis mereka dimungkinkan, meskipun ada beberapa kesulitan yang jelas.

                Di daerah pesisir dan pegunungan yang basah dan berhutan tropis di Maluku Tengah, gua hampir tidak digunakan sebagai tempat tinggal, baik untuk jangka panjang maupun musiman. Sebagian besar situs gua tidak sesuai untuk tempat tinggal normal, sangat tidak nyaman dan cukup berbahaya. Masyarakat Maluku Tengah lebih suka tinggal di rumah atau walang  di dalam hutan. Walang cepat dirakit, jauh lebih nyaman, dan lebih aman karena berbagai alasan. Maluku Tengah merupakan wilayah aktif tektonik yang mengalami beberapa kali gempa bumi setiap tahunnya. Memang, beberapa gua disurvei di awal 1990-an telah runtuh pada saat kunjungan lapangan 1997-1998, kemungkinan karena peningkatan erosi dan aktivitas tektonik. Tidak mengherankan, gua tidak mungkin digunakan untuk tempat tinggal permanen atau musiman. Juga, dalam beberapa kasus mungkin hanya pintu masuk atau sebagian dari gua yang runtuh. Hal ini mungkin menyimpang dari interpretasi, jika sisa-sisa arkeologi yang dulunya berada di dekat lubang, tampaknya tersimpan jauh di bagian dalam gua. Setidaknya ada satu kasus di belakang [negeri] Liang, yang mungkin terjadi, dimana sisa-sisa manusia dan tembikar ditemukan lebih dari 150 meter di dalam gua, interior dalam ruangan yang sempit dan tanpa cahaya. Kami menduga bahwa pintu masuk di dekatnya telah runtuh.
                Sebaliknya, bukti situs Labarisi, mungkin menunjukan tempat tinggal jangka panjang, mungkin permanen, tetapi perlu dicatat bahwa gua ini terletak di lingkungan yang sangat kering dan seperti semak atau sabana. Ada kemungkinan bahwa penggunaan gua untuk tempat tinggal bervariasi antara lingkungan dan ekosistem yang berbeda, mungkin mencerminkan keseluruhan basah atau kekeringan lokalitas serta distribusi sumber daya lokal. Labarisi juga memiliki sejarah geologi yang unik dan mungkin kurang rentan terhadap bahaya seperti erosi dan aktivitas tektonik, meskipun ada bukti dari beberapa peristiwa langit-langit besar jatuh.

Labarisi mungkin menunjukan kelompok non keramik, mungkin populasi sebelumnya, mungkin menargetkan gua dan tempat perlindungan batu di lingkungan tertentu untuk tempat tinggal dan ekstraksi sumber daya lokal, kemungkinan mencerminkan pola non-Austronesia dari masa Pleistosen akhir dan awal hingga Holosen pertengahan. Namun, Labarisi juga mengandung endapan atas dengan keramik yang secara gaya sesuai dengan reportoar Austronesia.
                Pertanyaan yang sulit dijawab dengan data saat ini, adalah apakah penggunaan gua berubah seiring waktu, dan bagaimana perbedaan budaya dan pengaruh dalam penggunaan gua (jika ada) ditentukan. Situs Labarisi memiliki potensi tinggi untuk menjawab pertanyaan hal tersebut. Pergeseran budaya bahan non keramik ke keramik, mungkin diartikan sebagai kedatangan kelompok Austronesia, dan / atau adopsi gerabah oleh penduduk yang ada, dan / atau penggunaan gua oleh campuran penduduk lokal dan Austronesia. Terlepas dari apakah keramik tersebut mewakili orang Austronesia yang masuk atau tidak, sangat mengejutkan bahwa peralatan litik dan makanan yang tersisa di lapisan non keramik dan keramik, tidak menunjukan perubahan yang signifikan dari waktu ke waktu. Dari analisis keramik, juga terlihat bahwa masyarakat Labarisi tidak berdagang gerabah dengan kelompok Maluku Tengah lainnya. Situs tersebut juga tidak terkait dengan pemukiman terbuka yang lebih besar dalam jarak dekat (dalam kedua hal tersebut tidak seperti kemungkinan situs abad ke-8 hingga ke-15 di Ambon dan Seram), yang menunjukan tingkat ekonomi sosial dan isolasi.

Penggunaan gua untuk penguburan tidak sepenuhnya merupakan fenomena Austronesia. Beberapa situs gua di Asia Tenggara memiliki pemakaman pra-Austronesia. Namun, yang menarik adalah penguburan tempayan dan penguburan gua, yang sebagian besar tampaknya bersifat sekunder, tampaknya berkorelasi di Asia Tenggara dengan budaya material Austronesia, jadi mungkin dengan perluasan dengan kelompok budaya yang terkait atau berasal dari Austronesia. Seberapa besar pengaruh imigran yang mendorong perkembangan penggunaan gua lokal untuk penguburan masih belum diketahui. Bisa jadi praktik lokal yang diadopsi oleh kelompok migran, namun nampaknya semua gua dengan peninggalan manusia memiliki tembikar mirip Austronesia.

 Pemakaman gua di Maluku Tengah memiliki rentang usia yang mungkin sedini mungkin zaman logam hingga periode protohistoris (dari sekitar 2000 SM hingga awal abad ke-16). Deposit arkeologi dari sebagian besar situs gua yang dinilai sejauh ini, mungkin tidak secara signifikan mendahului abad ke-8 hingg awal abad ke-16. Namun, orang Austronesia diperkirakan datang lebih awal, menurut model linguistik dan budaya material yang khas. Karya Lape di Banda (Lape, 2000a) menemukan pecahan berusia 3000 tahun, yang mungkin menunjukan pengaruh awal atau dekat dengan awal Austronesia. Data saat ini tampaknya menunjukan bahwa perubahan budaya yang signifikan dalam penggunaan gua untuk penguburan, serta cara penguburan dilakukan, terjadi pada periode protohistoris, tidak harus bertepatan dengan kedatangan awal Austronesia. Situs-situs ini sering dikaitkan dengan pemukiman protohistoris bertembok dan terbuka di puncak bukti atau lereng bukit, sehingga ada kemungkinan bahwa ada perubahan penggunaan gua juga dikaitkan dengan perubahan pemukiman.

Ada kemungkinan imigrasi dan pengaruh kelompok sosial baru (pendatang baru, bukan pendatang asli keturunan Austronesia) dan / atau gagasan mereka juga membawa perubahan lain. Hikayat Tanah Hitu (Manusama, 1997; Miksic, nd), yang bab-bab awalnya berhubungan dengan pendirian Hitu pada abad ke-14 hingga ke-16, dan pembentukan federasi negeri-negeri berikutnya, menunjukan adanya 4 keluarga pendiri dari Halmahera, Gorom, Jawa, dan Seram. Apakah tradisi lisan semacam itu sepenuhnya benar atau sebagian hanya mitos, jelas menunjukan bahwa kelompok non-Ambon sedang membangun pemukiman baru sebelum abad ke-16 dan setidaknya sedini abad ke-14. Sangat mungkin bahwa perubahan dalam penggunaan dan pemukiman gua yang dijelaskan sebelumnya, setidaknya sebagian dipengaruhi oleh kelompok migran baru (baik keturunan Austronesia, dan mungkin keturunan non-Austronesia). Ini juga bertepatan dengan periode ketika perdagangan, pelayaran dan permintaan rempah-rempah Maluku meningkat secara dramatis, suatu periode yang dimulai setidaknya 2000 tahun yang lalu, tetapi berdampak serius terhadap Maluku pada awal milenium kedua Masehi. Namun, data saat ini memiliki keterbatasan yang serius dan lebih banyak lagi pekerjaan menyeluruh perlu dilakukan sebelum kesimpulan yang dapat diandalkan dapat diambil.

Keramik sering ditemukan di dalam gua dan di dekat gua protohistoris, baik dengan atau tanpa sisa-sisa manusia. Banyak dari potongan-potongan itu didekorasi dengan sangat baik dan mencakup berbagai bentuk, termasuk piring berkaki cincin, lampu minyak, dan tungku (oven keramik), dan mungkin menunjukan kegiatan ritual di dalam dan di dekat situs gua. Keramik mungkin menunjukan penguburan guci atau persembahan dan barang kuburan untuk almarhum, yang menarik adalah praktik yang tersebar luas terutama berpindah ke utara, ke Filipina (Fox, 1970). Keramik dari kedua situs gua dan situs terbuka terkait di Hatusua dan semenanjung Leihitu Utara, juga menunjukan kesamaan gaya, morfologi, dan komposisi. Fitur ini menunjukan tingkat interaksi budaya yang signifikan, mungkin jaringan pertukaran, di kawasan Teluk Piru dan Leihitu (lihat Ellen 1990, 2003, untuk perincian tentang jaringan perdagangan Maluku, pusat sejarah, yang menguatkan kemungkinan wilayah perdagangan Teluk Seram-Piri-Leihitu Barat). Pola pemukiman juga tampak serupa. Bukti menunjukan peningkatan keterlibatan Maluku Tengah dalam perdagangan dan pertukaran Asia Tenggara.

  

KESIMPULAN 

Studi kami menekankan pada penggunaan gua yang bervariasi dan berubah-ubah di Maluku Tengah, meskipun kesimpulan kami kurang mendukung bagi pertanyaan yang lebih luas yang diajukan oleh bukti ini. Kami telah mencoba untuk mengidentifikasi faktor lingkungan, sejarah, dan budaya/sosial, yang terakhir termasuk migrasi, interaksi, penggantian, dan kemungkinan penghindaran, untuk memahami variabilitas, kontinuitas, dan perubahan dalam penggunaan gua. Kami berharap studi ini akan mendorong minat yang lebih lanjut untuk meneliti gua untuk menjawab jenis pertanyaan yang kami ajukan di aras, dan pada gilirannya merangsang pertanyaan baru tentang implikasi yang lebih luas dari variabilitas dalam catatan gua, yang dapat diatasi dengan arkeologi, sejarah dan data etnografis.


===== selesai =====

 

Catatan Kaki :

  1. Objek ini biasanya lebih dihargai oleh orang Cina daripada orang Maluku
  2. Namun, kelelewar buah sering diburu dengan jebakan atau jaring selama makan malam mereka di pohon, daripada di dalam gua pada siang hari. Namun demikian, kelelawar kadang-kadang diburu pada siang hari di dalam gua.

 

REFERENCES CITED

  • BALLARD, C. 1988a An Austronesian rock art tradition in Western Melanesia? Paper presented at the First AURA Congress, 1988, Darwin Australia.
    1988b Dudumahan: A rock art site on Kai Kecil, southeast Moluccas. Bulletin of the Indo-Pacific
    Prehistory Association
    8: 139-161.
  • BARTSTRA, GERT-JAN, ED. 1998 Bird's Head Approaches: Irian Jaya Studies-A Program for Interdisciplinary Research. Special volume of Modern Quaternary Research in Southeast Asia 15. Rotterdam: A. A. Balkema.
  • BELLWOOD, PETER 1997 Prehistory of the Indo-Malaysian Archipelago. Honolulu: University of Hawai'i Press.
  • BINTARTI, D. D.,). INDRANINGSIH, AND S. KOSASIH 1977 Laporan hasil survai kepurbakalaan di dearah Maluku Tengah (Pulau Ambon, Seram dan sekitarnya). Berita Penelitian Arkeologi 8. Pusat Penelitian Purbakala dan Peninggalan Nasional Departemen P & K.
  • DICKINSON, B. 2002 Petrography of sand tempers in modern and prehistoric potsherds and ceramic raw materials from Maluku Tengah (Central Molucca Islands), Indonesia. Petrographic Report WRD-223.
    2004 Petrography of temper sands in sherds from Buru and Gorom. Petrographic Report WRD-232.
  • ELLEN, Roy F. 1990 Trade, environment and the reproduction oflocal systems in the Moluccas, in The Ecosystem Approach in Anthropology: From Concept to Practice: 191-227, ed. E. Moran. Ann Arbor: University of Michigan Press.
    2003 On the Edge of the Banda Zone: Past and Present in the Social Organization of a Moluccan Trading Network. Honolulu: University of Hawai'i Press.
  • Fox, ROBERT B. 1970 The Tabon Caves. Monograph 1. Manila: National Museum of the Philippines.
  • GLOVER, IAN C. 1981 Leang Burung 2: An Upper Palaeolithic rock shelter in south Sulawesi, Indonesia. Modern QI4aternary Research in Southeast Asia 6: 1-38.
    1986 Archaeology in Eastern Timor. Terra Australis 11. Canberra: Australian National University,
    Research School of Pacific Studies.
  • GLOVER, IAN c., AND Roy F. ELLEN 1975 Ethnographic and archaeological aspects of a flaked stone collection from Seram, eastern Indonesia. Asian Perspectives 18(1): 51~61.
    1977 A further note on flaked stone material from Seram, eastern Indonesia. Asian Perspectives
    20(2) :236-240.
  • GREEN, ROGER C. 1991 Near and Remote Oceania: Disestablishing 'Melanesia' in culture history, in Man and a Half: Essays in Pacific Anthropology and Ethnobiology in Honour of Ralph Bulmer: 491-502, ed. A. Pawley. Auckland: The Polynesian Society.
  • LAPE, PETER 1998 Settlement, trade, and subsistence in late pre-colonial (13th-17th C) Banda Islands, Maluku, Indonesia. Paper presented at the Sixteenth Indo-Pacific Prehistory Association
    Congress. 1-8 July 1998, Melaka. Also see Bulletin of the Indo-Pacific Prehistory Association
    17:49.
    2000a Contact and Conflict in the Banda Islands, Eastern Indonesia 11th-17th Centuries. PhD.
    diss. Brown University, Providence, Rhode Island.
    2000b Political dynamics and religious change in the late pre-colonial Banda Islands. World Archaeology 32(1): 138-155.
  • LATINIS, D. KYLE 1999 Subsistence System Diversification in Southeast Asian and the Pacific: Where does Maluku Fit? Ph.D. diss. University of Hawai'i, Honolulu.
    2000 The development of subsistence system models for Island Southeast Asia and Near Oceania: The nature and role of arboriculture and arboreal-based economies. World Archaeol·
    ogy32(1):41-67.
    2002a
    Settlement patterns in protohistoric Maluku, eastern Indonesia. Paper presented at the
    seventeenth congress of the Indo-Pacific Prehistory Association, 9-15 September 2002,
    Academia Sinica, Taipei.
    2002b Morphological, stylistic and compositional analyses of eastern Indonesian earthenware
    ceramics. Paper presented at the seventeenth congress of the Indo-Pacific Prehistory Association, 9-15 September 2002, Academia Sinica, Taipei.
  • LATINIS, D. KYLE, AND KEN STARK 2003 Roasted dirt: Assessing earthenware assemblages from sites in Central Maluku, Indonesia, in Earthenware in Southeast Asia: 103-125, ed. J. Miksic. Singapore: Singapore University Press.
  • MANUSAMA, Z. J. 1977 Hikayat Tanah Hitu. Ph.D. diss. University of Leiden, Leiden.
  • MIKSIC, JOHN N. n.d. Hikayat Tanah Hitu. Unpublished manuscript (translated into English from the Malay version).
  • MIKSIC,JOHN N., AND YAP CHOON TECK 1992 Compositional analysis of pottery from Kota Cina, north Sumatra: Implications for regional trade during the twelfth to fourteenth centuries A.D. Asian Perspectives 31 (1) :57- 76.
  • O'CONNOR, SUE, MATTHEW SPRIGGS, AND PETER VETH 1998 Recent results from Lemdubu Cave, the Aru Islands, Maluku, Indonesia. Paper presented at the sixteenth Indo-Pacific Prehistory Association Congress, 1-8 July 1998, Melaka. Also see Bulletin of the Indo-Pacific Prehistory Association 17: 58.
  • SMITH, M. A., AND N. D. SHARP 1993 Pleistocene sites in Australia, New Guinea, and Island Melanesia: Geographic and temporal structure of the archaeological record, in Sahul in Review: Pleistocene Archaeology in Australia, New Cui/lea, and Island Melanesia: 37-58, ed. M. A. Smith, M. Spriggs, and B. Frankhauser. Occasional Papers in Prehistory 24. Canberra: Australian National University, Research School of Pacific Prehistory.
  • SPRIGGS, MATTHEW 1990 Archaeological and ethnoarchaeological research in Maluku 1975 and 1977: An unfinished story. Cakalele 1: 47-60.
    1994 Research questions in Malukan archaeology. Typescript and paper presented at the
    third International Maluku Research Conference. 4-9 July 1994. Ambon: Universitas
    Pattimura.
  • SPRIGGS, MATTHEW, AND D.M.S. MILLER 1979 Ambon-Lease: A study of contemporary pottery making and its archaeological relevance, in Pottery and the Archaeologist: 25-34, ed. M. Millett. Occasional Publication 5. London: Institute of Archaeology.
  • STARK, KEN 1995 Alternative Rainforest Economies of Maluku, Indonesia: A Reply to the "Wild Yam Hypothesis" from the Archaeological Record. Ph.D. diss. University of Hawai'i, Honolulu. 
  • STARK, KEN, AND D. KYLE LATIN IS 1992 The archaeology of sago economies in central Maluku: An initial sketch. Cakalele 3: 69- 86.
    1996 The response of early Ambonese foragers to the Maluku spice trade: The archaeological
    evidence. Cakalele 7: 51-67.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar